Korea Utara Berhasil Uji Coba Sistem Rudal dari Kereta Api

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 12:49 WIB
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) mengklaim sukses menguji coba 'sistem rudal yang dimuat kereta api' pada Rabu (15/9) waktu setempat. Sistem rudal itu diklaim dirancang untuk menangkal setiap kekuatan yang mengancam Korut.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (16/9/2021), kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) dalam laporan terbarunya mengklaim rudal yang diluncurkan dari kereta api itu berhasil mengudara sejauh 800 kilometer sebelum mengenai target di lautan atau di lepas pantai timur Korut.

Otoritas Korea Selatan (Korsel) dan Jepang melaporkan pada Rabu (15/9) waktu setempat bahwa mereka mendeteksi peluncuran dua rudal balistik dari Korut, beberapa hari setelah rezim komunis itu menguji tembak rudal jelajah yang diperkirkan para analis bisa memiliki kemampuan nuklir.

Laporan KCNA menyebut bahwa uji coba terbaru itu dilakukan resimen rudal yang dimuat kereta api yang telah direncanakan sejak awal tahun ini.

"Sistem rudal yang dimuat kereta api berfungsi sebagai sarana serangan balik yang efisien yang mampu memberikan pukulan bersamaan terhadap kekuatan yang memberikan ancaman," sebut Pak Jong Chon, seorang Marsekal Korut dan anggota Presidium Politburo Partai Buruh Korea yang mengawasi uji coba sistem rudal itu, seperti dikutip KCNA.

Foto-foto yang dirilis media nasional Korut menunjukkan sebuah rudal berwarna hijau zaitun diluncurkan ke udara meninggalkan kepulan asap dan kobaran api. Tampak bahwa rudal itu ditembakkan dari atap sebuah kereta yang diparkir di jalur rel sebuah area pegunungan.

Korsel dalam laporannya menyebut rudal balistik Korut itu diluncurkan dari area pedalaman di wilayah Yangdok, Korut bagian tengah.