Pertama Kali, Korsel Sukses Uji Tembak Rudal Balistik dari Kapal Selam

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 15:57 WIB
fotoinet kapal selam korea selatan
Ilustrasi (dok. Reuters)
Seoul -

Korea Selatan (Korsel) sukses menguji tembak rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Uji tembak rudal dari kapal selam ini digelar Korsel beberapa jam setelah negara tetangganya, Korea Utara (Korut), meluncurkan dua rudal balistik yang jatuh ke Laut Timur.

Seperti dilansir AFP, Rabu (15/9/2021), uji tembak rudal balistik dari kapal selam ini merupakan yang pertama dilakukan Korsel. Dengan uji tembak ini, Korsel menjadi negara ketujuh di dunia yang memiliki teknologi canggih ini, setelah Amerika Serikat (AS), Rusia, China, Inggris, Prancis dan India.

Kantor kepresidenan Korsel atau Blue House dalam pernyataannya menyebut sebuah rudal ditembakkan dari dalam air, tepatnya dari kapal selam Ahn Chang-Ho yang baru ditugaskan, pada Rabu (15/9) waktu setempat, dan berhasil mengudara sesuai rute sebelum mengenai targetnya.

Presiden Korsel, Moon Jae-In, seperti dilansir Yonhap News Agency, mengawasi langsung uji tembak itu dari pusat uji coba lokal Badan untuk Pengembangan Pertahanan (ADD).

Korsel diketahui meningkatkan kemampuan militernya demi menghadapi ancaman yang diberikan Korut yang memiliki senjata nuklir. Korsel juga berupaya mengamankan transfer kendali operasional atas pasukannya pada masa perang dari AS, di bawah kesepakatan aliansi kedua negara.

Semua negara yang memiliki kemampuan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) yang terbukti, diketahui memiliki senjata nuklir masing-masing.

"Memiliki SLBM sangat berarti dalam mengamankan pencegahan terhadap ancaman-ancaman segala arah," sebut Blue House dalam pernyataannya.

"Ini diharapkan memainkan peranan besar dalam pertahanan nasional yang mandiri dan mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea ke depannya," imbuh pernyataan itu.