Korea Utara Berhasil Uji Coba Sistem Rudal dari Kereta Api

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 12:49 WIB

Dituturkan Pak, seperti dilansir KCNA, bahwa ada rencana untuk memperluas resimen rudal yang dimuat kereta api menjadi kekuatan seukuran brigade di masa mendatang, dan untuk melakukan latihan demi meraup 'pengalaman operasional untuk perang yang sebenarnya'.

Pak menyatakan bahwa militer Korut harus mempersiapkan rencana taktis untuk mengerahkan sistem ini di berbagai wilayah lainnya.

Uji coba rudal Korut itu dilakukan pada hari yang sama dengan negara tetangganya, Korsel, yang menguji tembak rudal balistik kapal selam (SLBM). Korsel menjadi negara pertama di dunia yang mengembangkan SLBM tanpa memiliki senjata nuklir.

Korut sendiri diketahui terus mengembangkan sistem persenjataannya, yang semakin menaikkan pertaruhan untuk perundingan yang buntu dengan target melucuti senjata nuklir dan rudal balistik rezim komunis itu sebagai imbalan untuk pencabutan sanksi-sanksi internasional.

"Rudal bergerak di kereta api menjadi opsi yang relatif muda dan bisa diandalkan untuk negara-negara yang berupaya meningkatkan kemampuan bertahan untuk kekuatan nuklir mereka. Rusia melakukannya. AS (Amerika Serikat) mempertimbangkannya. Sangat masuk akal bagi Korea Utara," sebut peneliti senior Federasi Ilmuwan Amerika, Adam Mount, dalam analisisnya via Twitter.

Secara terpisah, peneliti senior Carnegie Endowment for International Peace, Ankit Panda, menilai sistem rudal kereta api yang dipamerkan Korut bisa menjadi pijakan untuk mengembangkan platform peluncuran untuk rudal balistik antarbenua (ICBM) bermuatan nuklir yang lebih besar. Dia juga menekankan bahwa beberapa sistem rudal yang dipamerkan Korut mungkin hanyalah 'unjuk teknologi' yang mungkin belum dikembangkan sepenuhnya.


(nvc/ita)