Pertama Sejak Taliban Berkuasa, Polisi Afghanistan Jaga Bandara Kabul Lagi

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 17:27 WIB
Afghan Border National Police personnel stand guard outside the airport in Kabul on September 12, 2021. (Photo by Karim SAHIB / AFP)
Pertama Sejak Taliban Berkuasa, Polisi Afghanistan Jaga Bandara Kabul Lagi (Foto: AFP/KARIM SAHIB)
Kabul -

Polisi Afghanistan yang bertugas di Bandar Udara Internasional Hamid Karzai kembali bekerja seperti sediakala pasca Taliban menguasai negara tersebut. Mereka berjaga di pos-pos pemeriksaan berdampingan dengan petugas keamanan dari Taliban.

Diketahui pasca Taliban menguasai Kabul dan menggulingkan pemerintahan, petugas kepolisian langsung meninggalkan pos-pos tugas mereka. Hal ini dilakukan lantaran takut akan pembalasan kelompok islamis garis keras tersebut.

Para polisi yang berjaga-jaga di Bandara Kabul mulai bekerja sejak Sabtu (11/9) lalu. Mereka kembali setelah mendapatkan jaminan keamanan dari komandan Taliban yang langsung menghubungi mereka untuk kembali bekerja.

Seorang koresponden AFP yang berada di bandara menyebut para anggota polisi perbatasan dikerahkan di beberapa pos pemeriksaan di luar gedung utama bandara, termasuk di terminal domestik.

"Saya kembali bekerja kemarin, setelah lebih dari dua minggu setelah dipulangkan," kata salah satu anggota kepolisian tanpa menyebut identitasnya, seperti dilansir AFP, Minggu (12/9/2021)

"Saya menerima telepon dari seorang komandan senior Taliban yang meminta saya untuk kembali," kata petugas lainnya.

"Kemarin hebat, senang sekali bisa melayani lagi." imbuh yang lainnya.

Seorang petugas bandara yang menangani keamanan untuk sebuah perusahaan swasta membenarkan bahwa polisi perbatasan telah dikerahkan di sekitar bandara sejak Sabtu (11/9) lalu.

"Mereka saling menjaga keamanan dengan Taliban," katanya.

Simak juga 'Ratusan Penerjemah Pasukan Inggris Belum Dievakuasi dari Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]