Round-Up

Menyusut Badan Kim Jong-Un Disorot saat Parade Militer Korut

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Sep 2021 20:01 WIB
Kemunculan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, dalam parade militer baru-baru ini jadi sorotan. Ia tampak lebih kurus dibanding bertahun-tahun sebelumnya.
Kim Jong-Un di tengah, tampak lebih kurus. (AP Photo)
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un nampak lebih kurus dari biasanya. Penampilan Jong-Un di parade militer negara komunis itu menjadi sorotan dunia.

Penampilan Jong-Un ini menjadi kabar terbaru yang bisa dilihat langsung oleh publik internasional. Sebelumnya, isu kesehatan Jong-Un sudah dipergunjingkan sampai menyerempet isu suksesi kepemimpinan Korut.

Dilansir dari The Sun, Minggu (29/8) lalu, pejabat senior Partai Buruh, Jo Yong Won dikabarkan mendapatkan peran wakil kepemimpinan baru. Jo Yong Won didapuk untuk mencari suksesor Kim Jong Un.

Persiapan-persiapan suksesi model begini pernah juga dilakukan ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, menjelang akhir hayatnya. Pada tahun 2007, Kim Jong Il mengalami TIA (serangan iskemik transien) atau stroke kecil. Sederhananya, Kim Jong-Un digosipkan sudah hendak meninggal dunia.

Kesehatan Kim Jong-Un dipergunjingkan

Kondisi kesehatan Kim Jong-Un yang berusia 37 tahun itu menjadi salah satu rahasia paling dijaga ketat di Korea Utara, namun kecurigaan kadung menyeruak. Betapa orang tidak curiga? Kim Jong-Un tampil dengan perban di kepala, sebagaimana foto rilisan media nasional Korut dari acara militer Korut pada 24-27 Juli lalu.

Selain itu, ada bekas warna gelap di kepala Kim Jong-Un. Bekas warna gelap tampak di bagian belakang kepala.

Yang paling kentara, badan Kim Jong-Un tambah kurus. Kondisi tersebut terpantau oleh publik, bahkan warga Pyongyang menyebut rakyat menangis melihat kondisi badan si pemimpin yang terkenal berisi itu.

Selanjutnya, penampilan kurus Kim Jong-Un di Hari Perayaan Pemuda:

Simak Video: Melihat Parade Militer Korut, Tak Ada Rudal-Personel Berbaju Hazmat

[Gambas:Video 20detik]