Hilang 3 Hari, Bocah 3 Tahun Penyandang Autis Ditemukan Selamat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 12:16 WIB
Ilustrasi Orang Hilang
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta -

Kebahagiaan tak terkira dirasakan seorang ibu di Australia setelah putranya yang berusia tiga tahun ditemukan selamat setelah tiga hari hilang di kawasan pedalaman.

Polisi telah mengerahkan helikopter dengan peralatan pencitraan termal, tetapi gagal menemukan bocah laki-laki penyandang autisme itu dalam beberapa jam setelah dia pertama kali dilaporkan hilang pada Jumat (3/9) pagi di properti terpencil keluarganya di negara bagian New South Wales, sekitar 150 kilometer barat laut Sydney.

Para petugas penyelamat dan polisi, termasuk beberapa yang menunggang kuda, terus mencari sepanjang akhir pekan sebelum akhirnya menemukan bocah itu, AJ Elfalak, saat melakukan penyisiran helikopter di daerah itu pada hari Senin (6/9) waktu setempat.

"Dia bersama kami. Dia aman dan sehat. Itu yang terpenting," kata ibunya, Kelly Elfalak kepada wartawan di rumah keluarga di desa Putty.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang. Saya sangat diberkati," imbuhnya.

AJ mengalami beberapa goresan dan memar, kata sang ibu. "Selain itu dia baik-baik saja," ujarnya.

Polisi mengatakan medan yang terpencil mempersulit pencarian bocah itu, yang terlihat beberapa ratus meter dari rumahnya.

"Anak kecil itu sedang duduk di sungai kecil dan sedang minum air. Dia berhasil menarik perhatian pilot dan awaknya," kata Inspektur Polisi New South Wales, Brad Monk kepada wartawan setelah penyelamatan pada Senin.