10 Polisi Irak Tewas dalam Serangan ISIS di Kirkuk

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 05 Sep 2021 17:01 WIB
Tiga warga Prancis yang bergabung ke ISIS dihukum mati di Irak
Ilustrasi Foto: BBC World
Kirkuk -

Sebanyak 10 polisi Irak dilaporkan tewas dalam serangan militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di pos penjagaan di dekat kota Kirkuk, Irak. Sebanyak 4 polisi lainnya mengalami luka-luka.

Dilansir Reuters, Minggu (5/9/2021) sumber polisi setempat mengatakan polisi dan militan ISIS bentrok selama 2 jam di desa di kota Rashad. Kota tersebut berjarak kurang lebih 30 km barat daya kota Kirkuk bagian utara.

Sumber polisi juga mengatakan bahwa para militan ISIS dilaporkan menggunakan bom pinggir jalan untuk mencegah bala bantuan polisi mencapai pos tersebut. Serangan bom itu menghancurkan tiga kendaraan polisi.

Sementara itu, tidak ada klaim tanggung jawab dari ISIS. Akan tetapi militan ISIS aktif di daerah itu dan sumber keamanan mengatakan mereka terlibat.

Di tempat terpisah, setidaknya 3 tentara Irak tewas pada Minggu waktu setempat ketika orang-orang bersenjata menyerang sebuah pos pemeriksaan tentara di tenggara kota Mosul, Irak. Sumber keamanan mengatakan satu orang juga dilaporkan terluka.

Diketahui pada tahun 2017 lalu ISIS telah mengalami kekalahan. Terlepas dari itu semua, sisa-sisa kelompok tersebut beralih ke serangan tabrak lari terhadap pasukan pemerintah di berbagai bagian Irak.

Simak juga 'Presiden Prancis Janji Pertahankan Pasukan di Irak':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/gbr)