International Updates

Banjir Tewaskan 41 Orang di New York, Mesir Larang Buku Ikhwanul Muslimin

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 16:21 WIB
Badai Ida menyebabkan banjir bandang dan menewaskan sedikitnya 41 orang di wilayah New York, Amerika Serikat. Begini penampakan banjirnya.
penampakan banjir akibat Badai Ida di New York (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Banjir bandang yang disebabkan oleh Badai Ida menewaskan sedikitnya 41 orang di wilayah New York, Amerika Serikat. Korban jiwa termasuk beberapa yang tewas di ruang bawah tanah rumah mereka selama peristiwa cuaca "bersejarah".

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (3/9/2021), rekor curah hujan, yang memicu peringatan darurat banjir bandang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk New York City, telah mengubah jalan-jalan menjadi sungai dan menutup layanan kereta bawah tanah saat banjir mengalir dari platform ke rel.

"Saya berusia 50 tahun dan saya belum pernah melihat hujan sebanyak itu," kata Metodija Mihajlov yang ruang bawah tanah restorannya di Manhattan dibanjiri air setinggi tiga inci.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (3/9/2021):

- Pria Ditembak Mati Usai Tusuk 6 Orang di Supermarket Selandia Baru

Seorang pria melukai enam orang dalam serangan penusukan di sebuah supermarket di Selandia Baru. Pria tersebut kemudian ditembak mati oleh polisi.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (3/9/2021), polisi Selandia Baru mengatakan, serangan itu terjadi pada Jumat (3/9) sore waktu setempat ketika pria itu memasuki supermarket Countdown di pusat perbelanjaan LynnMall di kota New Lynn, Auckland saat orang-orang sedang berbelanja.

Polisi menggambarkan serangan itu sebagai "acak" dan tidak terkait teror.

"Polisi telah menemukan pria itu dan dia telah ditembak. Dia tewas di tempat kejadian," kata polisi tanpa memberikan informasi tentang motivasi pria itu melakukan serangan tersebut.

- 800 Penumpang Kereta Bawah Tanah New York Terjebak Banjir Akibat Badai Ida

Ratusan penumpang kereta bawah tanah di New York City, Amerika Serikat (AS), berhasil diselamatkan setelah terjebak badai Ida yang memicu banjir bandang. Air dilaporkan merembes masuk hingga ke dalam stasiun kereta bawah tanah di wilayah New York City.

Seperti dilansir CNN, Jumat (3/9/2021), Kepala Departemen Kepolisian New York (NYPD), Rodney Harrison, menuturkan bahwa tim kepolisian melakukan penyelamatan terhadap 835 penumpang kereta bawah tanah yang terjebak badai Ida pada Rabu (1/9) malam.

Laporan sejumlah penumpang menyebut banjir bandang yang dipicu badai Ida membuat mereka terjebak di sejumlah stasiun kereta bawah tanah New York City pada Rabu (1/9) malam waktu setempat.

Sejumlah foto dan video yang dibagikan ke media sosial menunjukkan momen saat air merembes ke dalam area stasiun kereta bawah tanah yang kemudian memicu genangan di peron-peron.

- Baru Setahun Menjabat, PM Jepang Akan Mengundurkan Diri Bulan Ini

Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga mengatakan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai pemimpin partai bulan ini, yang secara efektif mengakhiri masa jabatannya sebagai PM setelah baru satu tahun menjabat.

Suga mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri pada pertemuan darurat anggota senior Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa. Demikian disampaikan Sekjen LDP, Toshihiro Nikai kepada para wartawan seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (3/9/2021).

Simak video 'Penampakan Mobil-mobil di AS Berserakan Terendam Banjir Badai Ida':

[Gambas:Video 20detik]