800 Penumpang Kereta Bawah Tanah New York Terjebak Banjir Akibat Badai Ida

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 10:16 WIB
Cars and trucks are stranded by high water Thursday, Sept 2, 2021, on the Major Deegan Expressway in Bronx borough of New York as high water left behind by Hurricane Ida still stands on the highway hours later. (AP Photo/Craig Ruttle)
Banyak mobil terendam banjir di jalanan New York City (AP Photo/Craig Ruttle)
New York -

Ratusan penumpang kereta bawah tanah di New York City, Amerika Serikat (AS), berhasil diselamatkan setelah terjebak badai Ida yang memicu banjir bandang. Air dilaporkan merembes masuk hingga ke dalam stasiun kereta bawah tanah di wilayah New York City.

Seperti dilansir CNN, Jumat (3/9/2021), Kepala Departemen Kepolisian New York (NYPD), Rodney Harrison, menuturkan bahwa tim kepolisian melakukan penyelamatan terhadap 835 penumpang kereta bawah tanah yang terjebak badai Ida pada Rabu (1/9) malam.

Laporan sejumlah penumpang menyebut banjir bandang yang dipicu badai Ida membuat mereka terjebak di sejumlah stasiun kereta bawah tanah New York City pada Rabu (1/9) malam waktu setempat.

Sejumlah foto dan video yang dibagikan ke media sosial menunjukkan momen saat air merembes ke dalam area stasiun kereta bawah tanah yang kemudian memicu genangan di peron-peron.

Robert Hedglin menuturkan bahwa dirinya terjebak di dalam stasiun kereta bawah tanah selama lebih dari satu jam setelah rangkaian kereta yang ditumpanginya berhenti di antara 59th Street dan Lexington pada Rabu (1/9) malam waktu setempat.

Setelah berhasil keluar dari stasiun kereta bawah tanah, Hedglin menyatakan dirinya tidak bisa mendapatkan taksi atau bus untuk melanjutkan perjalanan pulang dari kerja. Dia pun memilih berteduh di sebuah bar untuk minum dan mengeringkan dirinya hingga tengah malam.

Dalam pernyataan pada Kamis (2/9) waktu setempat, Harrison juga menyebut bahwa kepolisian melakukan 69 penyelamatan air dan 166 penyelamatan non-air terkait terjangan badai Ida di New York City. Dituturkan Harrison bahwa ada 25 keluarga yang membutuhkan relokasi akibat badai Ida.

Simak juga video 'Korban Badai Ida di AS Bertambah, Kini Sudah 22 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]