Militan 'The Beatles' ISIS Diadili Atas Pemenggalan Sandera AS

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 09:17 WIB
FILE - In this Friday, March 30, 2018, file photo, Alexanda Amon Kotey, allegedly among four British jihadis who made up a brutal Islamic State cell dubbed
Alexanda Kotey dalam foto tahun 2018 (AP Photo/Hussein Malla, File)

Ditambahkan hakim Ellis bahwa sebagai bagian dari pembelaannya, Kotey sepakat untuk bekerja sama 'sepenuhnya dan sejujurnya' dengan penyidik AS dan pemerintahan asing, dan untuk menjalani pertemuan dengan anggota keluarga para sandera yang tewas di bawah pengawasan.

Kotey merupakan warga negara Inggris, namun pemerintah Inggris telah mencabut kewarganegaraannya karena dia bergabung dengan ISIS. Dia tergabung ke dalam kelompok ISIS beranggotakan empat orang yang dijuluki 'The Beatles' karena aksen Inggris mereka yang kental saat muncul dalam video-video ISIS.

Kelompok 'The Beatles' diduga terlibat dalam video-video grafis ISIS yang diposting secara online menunjukkan pemenggalan para sandera asing.

Dokumen dakwaan setebal 24 halaman untuk Kotey mencakup daftar panjang tindak penyiksaan yang diduga dilakukannya terhadap para sandera ISIS, termasuk menyetrum dengan taser, memaksa sandera saling bertarung dan memukuli mereka dengan tongkat, serta waterboarding (teknik interogasi sarat penyiksaan).


(nvc/ita)