Qatar Kerja Sama dengan Taliban untuk Buka Kembali Bandara Kabul

ADVERTISEMENT

Qatar Kerja Sama dengan Taliban untuk Buka Kembali Bandara Kabul

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 18:43 WIB
Jakarta -

Pemerintah Qatar tengah bekerja sama dengan Taliban untuk membuka kembali bandara Kabul sesegera mungkin.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar seraya mendesak Taliban untuk mengizinkan warga Afghanistan pergi.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (2/9/2021), bandara Kabul, tempat evakuasi hiruk-pikuk yang berakhir dengan penarikan pasukan Amerika Serikat pada hari Selasa (31/8) waktu setempat, saat ini tidak beroperasi dengan banyaknya infrastruktur yang rusak atau hancur.

"Kami bekerja sangat keras (dan) kami tetap berharap bahwa kami akan dapat mengoperasikannya sesegera mungkin," kata Menlu Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani.

"Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan kita akan mendengar kabar baik," katanya dalam konferensi pers di Doha, Qatar.

Sebuah tim teknis Qatar terbang ke Kabul pada hari Rabu (1/9) untuk membahas pembukaan kembali bandara Kabul.

Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan tujuannya adalah untuk melanjutkan penerbangan, baik untuk bantuan kemanusiaan dan untuk memberikan kebebasan bergerak, termasuk dimulainya kembali upaya evakuasi.

Lebih dari 123.000 warga negara asing dan warga Afghanistan telah meninggalkan negara itu dalam operasi evakuasi udara besar-besaran, dan masih banyak lagi yang berharap untuk pergi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT