Jerman Ungkap 40 Ribu Staf Lokal Belum Dievakuasi dari Afghanistan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 01:53 WIB
Berlin -

Jerman memperkirakan masih ada antara 10.000 hingga 40.000 staf lokal yang bekerja untuk organisasi pembangunan di Afghanistan yang memiliki hak untuk evakuasi ke Jerman jika mereka merasa terancam. Hal itu diungkapkan oleh Kanselir Angela Merkel.

Dalam jumpa pers di Berlin dengan mitranya dari Austria, Merkel mengatakan sebagian besar dari mereka yang bekerja untuk angkatan bersenjata dan polisi Jerman sudah berada di luar Afghanistan.

Akan tetapi karena bantuan pembangunan ke Afghanistan belum dihentikan, banyak staf di bidang itu tetap berada di Afghanistan.

"Bagi kami fokus saat ini adalah staf lokal dan itu bukan 300 orang, itu mungkin lebih seperti 10-40.000 orang, dan kami harus melihat berapa banyak dari mereka yang ingin meninggalkan negara itu dan berapa banyak yang tidak," kata Merkel seperti dilansir Reuters, Selasa (31/8/2021).

Markel juga mengungkapkan beberapa kendala dalam evakuasi itu. Salah satunya kesulitan bagi mereka untuk meninggalkan rumahnya.

"Seperti yang telah kita lihat, tidak ada yang mengambil keputusan untuk meninggalkan rumah mereka dengan enteng," katanya.

(lir/lir)