Hujan Picu Banjir di India, Ratusan Ribu Warga Terjebak di Atap Rumah

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 22:46 WIB
A man rows his boat through a flooded river Ganges following heavy monsoon rains in Prayagraj, India, Saturday, Aug. 7, 2021. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh)
Ilustrasi, banjir di India (Foto: AP/Rajesh Kumar Singh)
New Delhi -

Hujan deras memicu banjir hebat di India. Akibatnya, ratusan ribu warga India terjebak di atap rumah.

Dilansir dari AFP, hujan yang tak henti-hentinya selama hampir seminggu menyebabkan sungai-sungai besar di India meluap. Ketinggian air mencapai 2 meter.

Banjir menenggelamkan banyak desa. Otoritas India menyebut 400 ribu warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Warga India, Anuwara Khatun (16) mengatakan ia dan keluarganya hampir satu minggu terjebak di atap rumah di daerah Ghasbari di distrik Morigaon, Assam.

"Ketinggian air telah meningkat selama lima hari," katanya kepada AFP melalui telepon, Senin (30/8/2021).

"Banyak keluarga yang terjebak di atap rumah mereka. Ada kekurangan pasokan penting sehingga kami hanya makan sekali sehari. Tidak ada kebersihan di sini," jelasnya.

Hal senada juga diutarakan warga lainnya, Santosh Mandal. Ia harus mengevakuasi keluarganya ke tempat yang lebih tinggi.

"Tidak ada air bersih untuk diminum, makanan untuk dimakan, dan anak-anak menangis minta susu. Kami berdoa meminta bantuan karena pemerintah belum mengirimkan bantuan," kata Mandal.

Pemerintah setempat telah menerjunkan perahu karet untuk mempermudah evakuasi warga yang terjebak di atap. Sejauh ini, lebih dari 12.000 orang berada di kamp evakuasi.

Para ahli mengatakan banjir tahunan yang melanda India semakin parah karena perubahan iklim.

(isa/zak)