16 Orang Tewas Dalam Serangan Sebuah Desa di Nigeria

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 04:42 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Serangan terjadi di sebuah desa dekat kota Jos di Nigeria Tengah. Sebanyak 16 orang tewas dalam kejadian ini.

Dilansir AFP, Kamis (26/8/2021) wilayah ini merupakan wilayah yang dilanda bentrokan etnis baru-baru. Jos di negara bagian Plateau tengah, di garis pemisah antara utara Nigeria yang sebagian besar Muslim dan selatan yang sebagian besar Kristen, telah berjuang selama bertahun-tahun dengan kekerasan etnis dan agama yang saling balas.

Kantor gubernur negara bagian menyatakan para penyerang menyerbu desa Yelwa Zangam pada Selasa malam, mereka membunuh orang dan menghancurkan rumah-rumah.

Seorang pejabat rumah sakit Plateau mengatakan setidaknya 16 orang tewas dalam kejadian tersebut. Sedangkan seorang juru bicara polisi mengkonfirmasi serangan tersebut, namun tidak bisa memberikan jumlah korban.

Gubernur Negara Bagian Plateau Simon Bako Lalong mengutuk serangan itu sebagai tindakan barbar. Dia juga menyebut 10 tersangka telah ditangkap.

Selain itu disebutkan para pelaku sebelumnya telah menghancurkan sebuah jembatan yang menghubungkan desa. Hal ini dilakukan untuk menghalangi akses pasukan keamanan ke daerah itu selama kekerasan.

Lihat juga video 'Israel Bombardir Jalur Gaza':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)