Kelompok Bersenjata Serang Akademi Militer Nigeria, 2 Perwira Tewas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 01:19 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Kano -

Sebuah kelompok bersenjata menyerang akademi pelatihan militer Nigeria. Serangan di barat laut negara itu menewaskan dua perwira dan seorang perwira diculik.

Dilansir dari AFP, Selasa (24/8/2021), penyerangan itu terjadi hari ini. Serangan terhadap sekolah pelatihan perwira elit negara itu menjadi pukulan bagi militer yang memerangi jihadis di timur laut dan kelompok kriminal bersenjata berat di barat laut.

"Arsitektur keamanan Akademi Pertahanan Nigeria diretas pagi ini oleh orang-orang bersenjata tak dikenal," kata Juru Bicara Akademi di negara bagian Kaduna, Mayor Bashir Muhammad Jajira.

"Kami kehilangan dua personel dan satu diculik."

Dua perwira yang menjadi korban penyerangan itu merupakan seorang komandan letnan dan seorang letnan. Sementara satu perwira yang diculik yakni seorang berpangkat mayor. Petugas lain juga terluka.

Pernyataan akademi hanya mengatakan bahwa serangan itu dilakukan oleh 'orang-orang bersenjata tak dikenal'.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ke akademi itu, tetapi Nigeria barat laut dan tengah menghadapi gelombang serangan oleh geng kriminal yang dikenal sebagai bandit yang menyerang desa, menjarah ternak dan melakukan penculikan massal untuk tebusan.

Kelompok-kelompok bersenjata itu dimotivasi oleh keuntungan finansial, tetapi ada tanda-tanda hubungan yang berkembang antara mereka dan militan Islam di timur laut.

Perang selama 12 tahun dengan para jihadis di wilayah tersebut telah menewaskan lebih dari 40.000 orang dan memaksa sekitar dua juta lainnya meninggalkan rumah mereka.

(fas/fas)