Kericuhan Pecah di Sekitar Bandara Kabul, 7 Orang Tewas

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Agu 2021 15:00 WIB
Warga terus memadati Bandara Kabul, Afghanistan. Mereka berniat meninggalkan negaranya.
Kericuhan Pecah di Sekitar Bandara Kabur, 7 Orang Tewas --ilustrasi (Foto: AP Photo)
Kabul -

Kericuhan kembali terjadi di sekitar Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul. Akibatnya, tujuh warga sipil Afghanistan tewas.

Kabar soal kericuhan pada Sabtu (21/8) dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Inggris. "Kami turut berduka cita bersama keluarga dari tujuh warga sipil Afghanistan yang meninggal secara menyedihkan saat kerumunan di Kabul," demikian isi pernyataan Kemenhan Inggris, seperti dilansir AFP, Minggu (22/8/2021).

"Kondisi di lapangan tetap sangat menantang tetapi kami melakukan segala yang kami bisa untuk mengelola situasi seaman mungkin," imbuh salah seorang juru bicara Kemenhan Inggris.

Diketahui sejak Taliban merebut kembali kekuasaan di Afghanistan,banyak orang mencoba melarikan diri dengan penerbangan udara. Akibatnya, kericuhan pun terjadi hingga memakan korban jiwa.

Kepada surat kabar lokal, Inggris Mail, Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace mengatakan "tidak ada negara yang bisa mengeluarkan semua orang" sebelum batas waktu AS 31 Agustus.

"Mungkin Amerika akan diizinkan untuk tinggal lebih lama dan mereka akan mendapat dukungan penuh kami jika mereka melakukannya," katanya.

Sebelumnya, Taliban memberlakukan beberapa aturan di bandara Kabul. Orang-orang diminta membentuk antrian yang tertib di luar gerbang utama bandara dan dilarang berkumpul di sekeliling bandara.

Selama seminggu terakhir, kerumunan tak bisa dihindarkan di bandara. Akibatnya, proses evakuasi warga AS dan negara-negara lainnnya terhambat.

Pada Sabtu (21/8) lalu, seorang pejabat Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa risiko keamanan tidak dapat dikesampingkan. Meski begitu Taliban "bertujuan untuk memperbaiki situasi dan memberikan jalan keluar" bagi orang-orang yang mencoba pergi selama akhir pekan.

Simak Video: Taliban Kabul: Ada Orang Ngaku Taliban Hendak Menjarah Rumah Warga

[Gambas:Video 20detik]



(izt/gbr)