Serangan ISIS Tewaskan 3 Milisi Pro-Iran di Dekat Baghdad

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 11:22 WIB
Kekacauan Akibat Pandemi COVID-19 Menguntungkan ISIS?
ilustrasi (Foto: DW (News))
Jakarta -

Tiga petempur dari kelompok milisi pro-Iran tewas di Irak pada Jumat (20/8) waktu setempat ketika kelompok ISIS menyerang pangkalan mereka di dekat Baghdad, ibu kota Irak.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (21/8/2021), menurut paramiliter dan sumber keamanan, orang-orang itu adalah anggota Gerakan Noujaba, bagian dari koalisi milisi Syiah, Hashed al-Shaabi yang sebagian besar mendukung Iran.

Kedua sumber tersebut mengatakan ketiga petempur itu tewas dalam serangan oleh IS di pangkalan mereka di Tarmiya, utara Baghdad, dengan tujuh petempur lainnya terluka.

Dibentuk pada tahun 2014 untuk mendukung tentara Irak dalam perangnya melawan ISIS, Hashed al-Shaabi pada saat itu menguasai sebagian besar wilayah Irak, tetapi sejak itu telah diintegrasikan ke dalam angkatan bersenjata.

Dalam beberapa bulan terakhir, gerakan anti-Amerika tersebut telah memuji serangan-serangan terhadap kepentingan Amerika di Irak, tanpa mengklaim bertanggung jawab.

Baik AS maupun Israel khawatir bahwa beberapa unit Hashed al-Shaabi berada di bawah perintah Iran, bukannya rantai komando Irak.

Saat ini beberapa sel ISIS tetap aktif bahkan setelah Irak menyatakan kelompok radikal itu dikalahkan pada tahun 2017, terutama di wilayah Tarmiya dan gurun Irak utara.

Mereka telah menyerang pasukan keamanan Irak serta Hashed al-Shaabi dan kelompok Syiah lainnya, yang merupakan mayoritas Muslim Irak tetapi dipandang oleh ISIS sebagai murtad.

Bulan lalu, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 30 orang di sebuah pasar di daerah padat penduduk Kota Sadr di Baghdad.

(ita/ita)