Suriah Tembak Jatuh Rudal-rudal Israel di Damaskus

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 10:54 WIB
A warplane carries out a bombing run above Syria near the Israeli-Syrian border as it is seen from the Israeli-occupied Golan Heights , Israel July 24, 2018. REUTERS/Ammar Awad
ilustrasi (Foto: REUTERS/Ammar Awad)
Jakarta -

Sistem pertahanan udara Suriah menyerang "target-target musuh" di ibu kota Damaskus pada Kamis (19/8) malam waktu setempat. Sumber-sumber militer Suriah menyebut target musuh itu sebagai rudal-rudal Israel.

"Musuh Israel melancarkan serangan udara ... menargetkan posisi di dekat Damaskus dan di sekitar kota Homs," kata sumber militer itu kepada kantor berita resmi Suriah, SANA.

"Pertahanan udara kami merespons rudal-rudal itu dan menembak jatuh sebagian besar rudal," imbuhnya seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (20/8/2021).

Kelompok Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), pemantau perang yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa "rudal-rudal Israel menargetkan depot senjata dan posisi militer" gerakan Syiah Lebanon, Hizbullah, antara Damaskus dan Homs.

Baik SANA maupun Observatorium tidak melaporkan kerusakan atau korban jiwa.

Media Lebanon juga melaporkan dua rudal jatuh di wilayah Qalamoun yang berbatasan dengan Lebanon.

Militer Israel selama ini jarang mengakui serangan-serangannya di Suriah, dan seorang juru bicara militer Israel mengatakan kepada AFP, bahwa mereka "tidak mengomentari informasi media asing".

Namun, diketahui bahwa sejak dimulainya perang di Suriah sepuluh tahun lalu, Israel telah melakukan ratusan serangan udara di wilayah Suriah. Serangan-serangan itu menargetkan posisi rezim Suriah serta pasukan sekutu Iran dan anggota kelompok Hizbullah yang didukung Iran.

Israel secara teratur menggarisbawahi bahwa mereka tidak akan membiarkan Suriah menjadi benteng musuh bebuyutannya, Iran.

Simak juga 'Serangan Artileri di Suriah Diduga dilakukan Rusia, 8 Warga Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)