Suriah Tembak Jatuh Rudal-rudal Israel

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 10:55 WIB
Perang Saudara Suriah adalah sebuah konflik bersenjata berbagai pihak dengan intervensi internasional yang berlangsung di Suriah.
ilustrasi suasana di Suriah (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sistem pertahanan udara Suriah menembak jatuh rudal-rudal Israel di atas provinsi Homs pada Kamis (22/7) dini hari waktu setempat. Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa ini merupakan serangan udara kedua yang dilancarkan Israel ke Suriah minggu ini.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (22/7/2021), sebuah sumber militer mengatakan kepada kantor berita resmi Suriah, SANA bahwa serangan rudal Israel itu tidak menimbulkan korban, hanya menimbulkan kerusakan material.

"Pada 01:13 ... musuh Israel melakukan serangan udara yang menargetkan beberapa posisi di wilayah Qusayr di provinsi Homs," lapor SANA, mengutip sumber militer tersebut.

"Pertahanan udara kita mencegat rudal-rudal ... menembak jatuh sebagian besar dari mereka," kata sumber militer Suriah.

Menurut kelompok Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, rudal-rudal Israel itu menargetkan posisi militer kelompok Hizbullah Lebanon, menghancurkan depot senjata.

Militer Suriah telah merebut kembali Qusayr, kubu pemberontak di dekat perbatasan Lebanon, pada tahun 2013 setelah serangan 17 hari yang dipimpin oleh kelompok Hizbullah. Kota ini secara strategis vital bagi rezim Suriah karena menghubungkan ibu kota Damaskus dengan pantai.

Merebut benteng tersebut merupakan kemenangan besar bagi Hizbullah, yang telah berjuang bersama pasukan Presiden Bashar al-Assad.

Lihat juga Video: Serangan Artileri di Suriah Diduga dilakukan Rusia, 8 Warga Tewas

[Gambas:Video 20detik]