Ngotot, Wapres Afghanistan Bersumpah Lawan Taliban

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 13:25 WIB
Vice President of Afghanistan Amrullah Saleh speaks during a function at the Afghan presidential palace in Kabul on August 4, 2021. (Photo by SAJJAD HUSSAIN / AFP)
Amrullah Saleh (AFP/SAJJAD HUSSAIN)
Kabul -

Wakil Presiden Afghanistan, Amrullah Saleh, ngotot menyatakan akan melawan kelompok Taliban yang kini menguasai negara itu usai pemerintahan yang dipimpin Presiden Ashraf Ghani kolaps. Saleh menegaskan dirinya tidak akan menyerah pada Taliban.

Seperti dilansir AFP, Rabu (18/8/2021), Saleh yang menjabat Wapres di bawah Presiden Ghani ini diduga bersembunyi di area Lembah Panshir di sebelah timur laut Kabul, yang menjadi satu-satunya wilayah tersisa di Afghanistan yang tidak dikuasai Taliban.

"Saya tidak akan mengecewakan jutaan orang yang mendengarkan saya. Saya tidak akan pernah berada di bawah satu atap dengan Taliban. TIDAK AKAN PERNAH," tulis Saleh dalam bahasa Inggris melalui akun Twitter-nya pada Minggu (15/8) waktu setempat, sebelum bersembunyi.

Sehari kemudian, sejumlah foto muncul ke media sosial menunjukkan Saleh bersama putra dari bekas mentor dan pejuang anti-Taliban ternama, Ahmed Shah Massoud, di Panjshir. Saleh dan putra Massoud, yang mengomandoi pasukan milisi, tampaknya menyusun kepingan pertama dari gerakan gerilyawan untuk melawan Taliban dengan mulai berkumpulnya para petempur lainnya di Panjshir.

Wilayah Panjshir yang dikenal dengan pertahanan alaminya yang dipenuhi pegunungan, tidak pernah jatuh ke tangan Taliban saat perang sipil tahun 1990-an silam. Wilayah ini juga tidak pernah bisa ditaklukkan oleh pasukan Soviet satu dekade sebelumnya.

"Kami tidak akan membiarkan Taliban memasuki Panjshir dan akan melawan dengan seluruh kekuatan kami, dan memerangi mereka," ucap seorang warga Panjshir yang enggan disebut namanya kepada AFP.

Pertempuran itu akan menjadi perjuangan terbaru bagi Saleh dalam melawan Taliban. Diketahui bahwa Saleh pertama bertempur bersama komandan Massoud pada tahun 1990-an. Dia mengabdi pada pemerintah sebelum melarikan diri dari Kabul saat Taliban berkuasa tahun 1996 silam.

Lihat Video: Wapres Afganistan Amrullah Saleh Umumkan Jadi Presiden Sementara

[Gambas:Video 20detik]