Puluhan Ribu Warga Jepang Diimbau Mengungsi Gegara Hujan Deras

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 14:25 WIB
Tokyo -

Puluhan ribu warga Jepang diimbau mengungsi saat hujan deras dengan tingkat curah 'belum pernah terjadi sebelumnya' mengguyur wilayah barat negara tersebut. Hujan deras ini meningkatkan risiko terjadinya banjir dan tanah longsor.

Seperti dilansir AFP, Jumat (13/8/2021), badan prakiraan cuaca setempat memperkirakan hujan deras ini akan berlanjut selama beberapa hari ke depan di sebagian besar wilayah Jepang, mulai dari wilayah Tohoku di utara hingga wilayah Kyushu di selatan.

"Ada kemungkinan bahwa bencana besar akan terjadi (dalam beberapa hari ke depan)," demikian bunyi imbauan Badan Meteorologi Jepang (JMA), dalam konferensi pers darurat yang disiarkan televisi nasional NHK.

Di kota Unzen, Prefektur Nagasaki, laporan pejabat setempat menyebut dua rumah warga terkena tanah longsor dengan seorang wanita berusia 50-an tahun dikhawatirkan meninggal dunia.

Hujan paling deras dilaporkan mengguyur prefektur Hiroshima, di mana perintah evakuasi dirilis untuk sedikitnya 69.500 orang dan peringatan banjir telah diumumkan.

"Kita telah merilis peringatan hujan deras khusus. Ini merupakan level hujan deras yang tidak pernah kita alami sebelumnya," demikian bunyi peringatan JMA untuk kota Hiroshima.

Para pejabat JMA juga menyebut hujan deras di beberapa wilayah lainnya 'belum pernah terjadi sebelumnya'.