Prancis Selamatkan 100-an Migran yang Coba Berlayar ke Inggris

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 15:26 WIB
Pulau terperncil d tengah laut. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
ilustrasi (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta -

Pihak berwenang Prancis menyelamatkan lebih dari 100 migran yang berusaha berlayar ke Inggris dengan empat kapal terpisah. Mereka diselamatkan saat kapal-kapal mereka mendapat masalah di perairan Channel pada Rabu (11/8) waktu setempat.

Pekan lalu pemerintah Inggris mengatakan setidaknya 482 migran menyeberang dari Prancis ke Inggris dalam satu hari, sebuah angka rekor yang menempatkan angka tahunan jauh di atas angka tahun lalu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (12/8/2021), pejabat kelautan di Prancis mengatakan bahwa kapal patroli Angkatan Laut menyelamatkan tujuh orang di atas kapal yang "bermasalah" di lepas pantai Sangatte dan membawa mereka ke pelabuhan Dunkirk, di mana mereka ditangani oleh pejabat setempat.

Kapal patroli itu kemudian dikirim untuk menyelamatkan 29 migran yang "terdampar" di lepas pantai Dunkirk, termasuk seorang yang sakit dan dibawa dengan helikopter untuk perawatan medis. Sisanya diangkut ke Dunkirk.

Tiga puluh tujuh migran lainnya diselamatkan dari sebuah kapal yang mengalami kesulitan di lepas pantai Calais dan 35 migran lainnya di lepas pantai Dunkirk.

Sejak akhir 2018, upaya untuk menyeberangi Channel telah meningkat, meskipun ada peringatan resmi tentang bahaya tabrakan di salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia tersebut, juga arus kuat dan suhu airnya yang dingin.

Meningkatnya jumlah perjalanan tersebut terbukti semakin memalukan bagi pemerintah Inggris, yang telah berjanji untuk menekan kedatangan dan menjadikan pengetatan perbatasan Inggris sebagai masalah utama dalam kampanyenya untuk meninggalkan Uni Eropa.

(ita/ita)