Bertambah Terus, 30 Pejabat China Dipecat karena Gagal Atasi Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 16:57 WIB
Wuhan kini kembali diserang virus Corona melalui varian delta. Pemerintah terkait pun gerak cepat dengan menggelar tes PCR massal.
Ilustrasi (dok. Chinatopix via AP)
Beijing -

Lebih dari 30 pejabat China dipecat atau dijatuhi hukuman lainnya karena dianggap gagal menangani penyebaran virus Corona (COVID-19) secara tepat yang memicu lonjakan kasus beberapa waktu terakhir. Puluhan pejabat yang dihukum ini tersebar di empat provinsi yang berbeda.

Seperti dilansir Associated Press dan Global Times, Senin (9/8/2021), para pejabat yang dipecat atau dihukum berasal dari berbagai jabatan mulai dari Wakil Wali Kota, kepala distrik dan kepala komisi kesehatan, hingga staf manajemen rumah sakit, staf bandara dan staf departemen pariwisata setempat.

Wabah Corona terbaru yang disebut sebagai yang paling serius sejak wabah awal Corona di Wuhan tahun lalu, telah mencapai 1.507 kasus setelah menyebar luas ke belasan wilayah hingga Sabtu (7/8) waktu setempat.

Wabah terbaru yang terkait dengan bandara di kota Nanjing, Provinsi Jiangsu ini, pertama terdeteksi di antara para pekerja kebersihan bandara dan telah meluas ke berbagai wilayah mulai dari Provinsi Hainan di selatan hingga ke Inner Mongolia di utara jauh. Varian Delta yang mudah menular disebut sebagai pemicunya.

Dampak dari meluasnya wabah varian Delta ini, otoritas China menerapkan kembali pembatasan perjalanan, lockdown di sejumlah daerah dan memblokir seluruh kota Zhangjiajie di Provinsi Hunan yang berpenduduk 1,5 juta jiwa. Tes Corona massal juga dilakukan, bahkan hingga berkali-kali, di sejumlah wilayah China.

Mantan Menteri Kesehatan China, Gao Qiang, menilai China mampu memusnahkan Corona varian Delta dengan cara yang sama negara ini mampu mengendalikan pandemi Corona tahun 2020 lalu.

Para pakar menyebut hukuman yang tepat bagi para pejabat yang tidak kompeten dalam pengendalian wabah menjadi tindakan yang pantas, mengingat perang melawan pandemi tidak memperbolehkan adanya celah, kesalahan maupun kelalaian sedikitpun dari pihak-pihak yang memiliki tanggung jawab.

Di kota Nanjing, ibu kota Provinsi Jiangsu, yang menjadi pusat wabah terbaru, sedikitnya 15 pejabat tinggi dijatuhi hukuman pada Sabtu (7/8) waktu setempat. Pejabat yang dihukum termasuk Wakil Wali Kota Nanjing, Hu Wanjin, kemudian Ketua Partai Komunis pada Komisi Kesehatan Nanjing, Fang Zhongyou, dan komandan upaya pengendalian anti-epidemi pada Bandara Internasional Lukou Nanjing, Wang Chao.

Lihat juga Video: Situasi di Wuhan Usai Merebaknya Virus Covid-19 Varian Delta

[Gambas:Video 20detik]