Ragam Tafsir Logo di Kaus Macron yang Picu Teori Konspirasi

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 10:08 WIB
The French President wore a black T-shirt for his TikTok chat, sparking wild theories around its origin (AP via thesun.co.uk)
Ragam Tafsir Logo di Kaus Macron yang Picu Teori Konspirasi (Foto: AP via thesun.co.uk)
Jakarta -

Beragam tafsir soal logo di kaos Presiden Prancis, Emmanuel Macron menjadi sorotan. Logo misterius yang tersemat di kaos Macron dipertanyakan hingga disebut berhubungan dengan teori konspirasi, salah satunya yang menyebut dirinya adalah satonik masonik.

Seperti dilansir The Sun dan The Guardian, Minggu (8/8/2021) dalam video TikTok yang diposting Senin (2/8) waktu setempat, Macron yang biasanya memakai setelan jas rapi warna abu-abu lengkap dengan kemeja putih dan dasi, tampak lebih kasual dengan memakai kaos lengan pendek berwarna hitam. Macron tampil dalam video untuk mengimbau kalangan muda Prancis disuntik vaksin virus Corona (COVID-19).

Tak disangka video tersebut viral dan malah banyak pihak yang sibuk berkomentar soal logo geometrik menyerupai burung hantu yang ada di kaos Macron. Logo berbentuk segitiga dan lingkaran misterius menimbulkan multi tafsir dari banyak pihak.

Ada yang bertanya apakah tim humas Istana Kepresidenan Elysee berusaha menyampaikan pesan rahasia melalui logo itu? Hingga ada yang berspekulasi dan mempertanyakan apakah Macron bagian dari komplotan rahasia?

Sejumlah orang menafsirkan bahwa logo tersebut merupakan simbol burung hantu, yang diartikan sebagai pesan untuk Freemason Satanists.

Sementara itu, ada juga yang berpendapat bahwa logo di kaos Macron mewakili Bohemian Club, sebuah kelompok politik yang dibentuk di California, Amerika Serikat (AS), tahun 1872 dan diberi nama dengan apa yang dipandang warga Amerika sebagai gerakan bohemian Eropa 'belle epoque' yang merujuk pada budaya tandingan kaum borjuis.

Saat ini, kelompok itu menjadi klub khusus laki-laki yang beranggotakan para pengusaha dan politikus dari AS, Eropa dan Asia. Namun, meski Bohemian Club diketahui memiliki logo burung hantu, bentuknya tidak sama seperti yang ada pada kaos Macron. Logo Bohemian Club juga biasanya disertai huruf merah BC.

Ada juga yang berpikir logo tersebut untuk partai baru Macron "Itu pasti logo partai barunya."

Lihat juga Video: Presiden Prancis Temui Para Pemimpin Dunia, Bahas Apa?

[Gambas:Video 20detik]