China Janji Sediakan 2 Miliar Dosis Vaksin Corona untuk Dunia Tahun Ini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 11:08 WIB
Chinese President Xi Jinping delivers his speech at the commemorating conference on the 70th anniversary of the Chinese army entering North Korea to resist the U.S. army, at the Great Hall fo the People in Beijing, Friday, Oct. 23, 2020. (AP Photo/Andy Wong)
Presiden China Xi Jinping (Foto: AP Photo/Andy Wong)
Jakarta -

Presiden China Xi Jinping berjanji bahwa negaranya akan "berusaha menyediakan" dua miliar dosis vaksin COVID-19 untuk dunia tahun ini. China juga akan menyumbang senilai US$ 100 juta untuk sistem distribusi vaksin internasional yang dikenal sebagai Covax.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (6/8/2021), janji itu disampaikan dalam pesan tertulis oleh Xi saat forum video tentang kerja sama vaksin, seiring China memerangi wabah baru virus Corona yang dipicu oleh varian Delta yang sangat menular.

Varian Delta sekarang telah terdeteksi di beberapa bagian China, mendorong pengujian massal dan menyebabkan angka kasus harian mencapai level tertinggi dalam beberapa bulan.

"Sepanjang tahun ini, China akan berusaha untuk menyediakan dua miliar dosis vaksin untuk dunia," kata Xi dalam sambutannya yang dilaporkan oleh media pemerintah China, CCTV.

Xi Jinping mengatakan, China juga telah berjanji untuk menyumbangkan US$ 100 juta kepada Covax, untuk distribusi vaksin ke negara-negara berkembang.

Pengumuman itu muncul beberapa minggu setelah Xi menjanjikan bantuan US$ 3 miliar kepada negara-negara berkembang untuk memerangi COVID-19. Janji itu disampaikan dalam pertemuan online darurat para kepala negara APEC yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dana tersebut ditujukan untuk membantu negara-negara berkembang pulih dari dampak sosial dan ekonomi akibat virus Corona.