Kasus Corona di Seluruh Dunia Tembus 200 Juta, 4 Juta Kematian

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 17:07 WIB
Washington DC -

Lebih dari 200 juta kasus virus Corona (COVID-19) kini tercatat di seluruh dunia sejak kemunculan pertama di Wuhan, China, pada Desember 2019.

Seperti dilansir AFP, Kamis (5/8/2021), penghitungan AFP yang didasarkan sumber-sumber resmi menyebutkan sedikitnya 200.065.905 kasus Corona kini tercatat secara resmi di berbagai negara di dunia.

Namun total kasus yang sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi, mengingat sejumlah besar kasus yang tidak terlalu parah atau kasus tanpa gejala (asymptomatic) tetap tidak terdeteksi meskipun testing Corona telah ditingkatkan di banyak negara.

Jumlah penularan Corona tengah mengalami kenaikan tajam, yang utamanya dipicu oleh penyebaran varian Delta yang sangat mudah menular. Namun demikian, data juga menunjukkan bahwa jumlah kematian mengalami kenaikan dengan laju yang cenderung lebih lamban.

Data penghitungan AFP menyebut bahwa rata-rata angka kasus harian secara global dalam tujuh hari terakhir mencapai lebih dari 600.000 kasus -- mengalami kenaikan 68 persen dibandingkan rata-rata tujuh hari pada pertengahan Juni.

Pada periode yang sama, rata-rata angka kematian harian mencapai 9.350 kematian -- meningkat 20 persen jika dibandingkan awal Juli.

AFP dalam penghitungannya juga menyebut bahwa kesenjangan antara jumlah kasus dan jumlah kematian paling terlihat di negara-negara yang kini terdampak parah oleh pandemi.