Australia Kembali Perpanjang Lockdown Corona di Melbourne

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 05 Agu 2021 15:39 WIB
Flinders Street Station Melbourne
lockdown di Melbourne diperpanjang (Foto: Getty Images/iStockphoto/2630ben)
Jakarta -

Otoritas kota Melbourne di negara bagian Victoria, Australia mengumumkan lockdown (penguncian) untuk keenam kalinya di kota itu, guna mengendalikan penyebaran virus Corona.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (5/8/2021), pemimpin atau premier Victoria, Dan Andrews mengatakan dia "tidak punya pilihan" selain membuat "pengumuman yang sangat sulit" untuk me-lockdown Melbourne dan seluruh negara bagian Victoria hingga sepekan lagi menyusul berakhirnya lockdown terakhir.

"Tidak ada dari kita yang senang berada di sini, tidak ada dari kita," katanya. "Tidak ada alternatif selain lockdown," imbuh Andrews.

"Alternatifnya adalah kita membiarkan ini, dan rumah sakit kita akan benar-benar kewalahan. Bukan ratusan pasien tetapi ribuan," tuturnya.

Ketika perpanjangan lockdown Victoria dimulai pada Kamis pukul 8 malam waktu setempat, maka total lebih dari setengah dari 25 juta penduduk Australia akan kembali berada di bawah lockdown.

Enam pekan lalu, lockdown juga telah diterapkan di kota Sydney, negara bagian New South Wales. Tetapi langkah-langkah itu memiliki keberhasilan yang beragam dalam mengendalikan penyebaran virus Corona di antara populasi, yang sebagian besar tidak divaksinasi.

Pada hari Kamis (5/8), jumlah kasus infeksi baru Corona di negara bagian New South Wales tercatat sebanyak 262 kasus, angka harian terbesar sejak pandemi COVID-19 dimulai.