Kakaknya Terlibat Kasus Pelecehan, Program TV Adik Gubernur New York Dikecam

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 07:50 WIB
PARADISE ISLAND, BAHAMAS - NOVEMBER 04:  Chris Cuomo attends the weekend opening of The NEW ultra-luxury Cove Resort at Atlantis Paradise Island on November 4, 2017 in The Bahamas.  (Photo by Theo Wargo/Getty Images for The Cove, Paradise Island)
Chris Cuomo (Foto: Theo Wargo)
Washington -

CNN mendapatkan kecaman usai tetap menayangkan program 'Cuomo Prime Time' yang mana salah satu jurnalisnya, Chris Cuomo merupakan adik dari Gubernur New York, Andrew Cuomo. Diketahui, Andrew Cuomo sedang terbelit kasus pelecehan seksual terhadap 11 wanita.

"Perhatian CNN. Jangan izinkan Chris Cuomo mengudara kecuali dia secara objektif menutupi tuduhan pelecehan seksual terhadap Gubernur Cuomo alias saudaranya," tulis kontributor Fox News, Leo Terrell, dilansir dari Fox News, Rabu (4/8/2021).

Pada bulan Mei lalu, Chris Cuomo yang merupakan salah satu pembawa acara paling populer di CNN, bergabung dalam sebuah konferensi dengan tim Gubernur New York yang tidak lain adalah kakaknya sendiri. Konferensi ini disebut-sebut terkait pembahasan mengenai tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Andrew Cuomo.

Sumber Washington Post mengatakan Cuomo mendesak saudaranya untuk tidak mundur dari jabatannya. Pada saat itu, CNN mengakui keterlibatan Chris Cuomo dalam konferensi tim Gubernur New York. Namun, hingga kini Chirs Cuomo tidak mendapatkan sanksi atas perilakunya.

"Dengan membiarkan Chris Cuomo mempertahankan pekerjaannya dan tidak menghadapi penangguhan karena menasihati saudaranya untuk tidak meminta maaf dan memaksa, CNN membiarkan penjahat seksual ini, Gubernur New York," cuit redaktur NewsBusters Curtis Houck.

Setelah berita itu tersebar, Chris Cuomo meminta maaf ke rekan-rekannya usai dilaporkan memberikan nasihat politik kepada Andrew Cuomo. CNN sendiri mengakui bahwa Chris Cuomo terlibat dalam pertemuan yang 'tidak pantas' dengan tim Gubernur New York.

Diberitakan sebelumnya, sebuah laporan eksplosif merinci tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Andrew Cuomo terhadap 11 wanita. Hal ini diumumkan langsung oleh Jaksa Agung, Letitia James.

Dilansir dari Associated Press, penyelidikan terkait kasus pelecehan itu dilakukan selama 5 bulan. Penyelidikan yang dilakukan oleh dua pengacara tersebut telah mewawancarai 179 orang yang berkaitan dengan kasus pelecehan seksual itu.

Temuan investigasi itu terangkum dalam laporan publik setebal 165 halaman. Kasus pelecehan seksual ini mencoreng nama Cuomo yang setahun lalu dipuji karena kebijakan terkait pandemi Corona.

Posisi Cuomo semakin tidak dapat dipertahankan setelah Biden dan Ketua DPR Nancy Pelosi menyerukan gubernur tiga periode itu harus mundur pada Selasa (3/8) malam. Biden meminta anggota parlemen New York bergerak untuk segera memakzulkan Cuomo.

"Saya pikir dia harus mengundurkan diri," kata Biden kepada wartawan di Washington.

Andrew Cuomo menepis tuduhan pelecehan seksual tersebut. Andrew Cuomo menolak laporan investigasi tersebut.

"Faktanya jauh berbeda dari apa yang telah digambarkan," pernyataan Cuomo.

Tonton video 'Pengungkapan Kasus Pelecehan Seksual Oleh Gubernur New York':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mae)