Joe Biden Minta Gubernur New York Mundur Usai Terbelit Kasus Pelecehan

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 06:18 WIB
New York -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyerukan Gubernur New York, Andrew Cuomo, untuk mengundurkan diri. Seruan ini imbas dari penyelidikan independen yang menyimpulkan Cuomo melakukan pelecehan seksual terhadap 11 wanita.

Dilansir dari AFP, posisi Cuomo semakin tidak dapat dipertahankan setelah Biden dan Ketua DPR Nancy Pelosi menyerukan gubernur tiga periode itu harus mundur pada Selasa (3/8) malam. Biden meminta anggota parlemen New York bergerak untuk segera memakzulkan Cuomo.

"Saya pikir dia harus mengundurkan diri," kata Biden kepada wartawan di Washington, Rabu (4/8/2021).

Sebuah laporan eksplosif merinci tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Cuomo terhadap 11 wanita. Hal ini diumumkan langsung oleh Jaksa Agung, Letitia James.

Dilansir dari Associated Press, penyelidikan terkait kasus pelecehan itu dilakukan selama 5 bulan. Penyelidikan yang dilakukan oleh dua pengacara tersebut telah mewawancarai 179 orang yang berkaitan dengan kasus pelecehan seksual itu.

Temuan investigasi itu terangkum dalam laporan publik setebal 165 halaman. Kasus pelecehan seksual ini mencoreng nama Cuomo yang setahun lalu dipuji karena kebijakan terkait pandemi Corona.

Andrew Cuomo Membantah

Andrew Cuomo menepis tuduhan pelecehan seksual tersebut. Andrew Cuomo menolak laporan investigasi tersebut.

"Faktanya jauh berbeda dari apa yang telah digambarkan," pernyataan Cuomo.

Seruan Cuomo untuk mengundurkan diri bergulir kencang dari berbagai pihak. Cuomo menolak mundur. Ia memastikan seruan tersebut "tidak akan mengganggu" kinerjanya sebagai gubernur.

(isa/isa)