Gubernur New York Diselidiki Terkait Pelecehan Seksual Banyak Wanita

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 04:05 WIB
New York -

Gubernur New York Andrew Cuomo tengah diselidiki terkait kasus pelecehan seksual terhadap banyak wanita baik di dalam maupun luar pemerintahan. Temuan itu diumumkan oleh Jaksa Agung New York.

Dilansir dari Associated Press, penyelidikan terkait kasus pelecehan itu dilakukan selama 5 bulan. Penyelidikan yang dilakukan oleh dua pengacara tersebut telah mewawancarai 179 orang yang berkaitan dengan pelecehan seksual itu.

Pengacara ketenagakerjaan AS, Anne Clark, yang memimpin penyelidikan serta mantan Jaksa AS, Joon Kim, mengaku telah menemukan 11 saksi kredibel. Tuduhan tersebut dikuatkan dengan pesan teks.

"Wawancara dan potongan bukti ini mengungkapkan gambaran yang sangat mengganggu namun jelas: Gubernur Cuomo melakukan pelecehan seksual saat ini," kata Jaksa Agung New York Letitia James pada konferensi pers, Rabu (4/8/2021).

Temuan investigasi itu terangkum dalam laporan publik setebal 165 halaman. Kasus pelecehan seksual ini mencoreng nama Cuomo yang setahun lalu dipuji karena kebijakan terkait pandemi Corona.

Laporan investigasi itu menjadi bagian penting dari penyelidikan yang sedang berlangsung di Majelis AS terkait kemungkinan Cuomo untuk dimakzulkan.

Andrew Cuomo Membantah

Andrew Cuomo menepis tuduhan pelecehan seksual tersebut. Andrew Cuomo menolak laporan investigasi tersebut.

"Faktanya jauh berbeda dari apa yang telah digambarkan," pernyataan Cuomo.

Pernyataan Cuomo itu terlampir dalam keterangan tertulis. Keterangan tersebut membantah segala tuduhan yang dilayangkan kepadanya.

Seruan Cuomo untuk mengundurkan diri bergulir kencang. Cuomo menolak mundur. Ia memastikan seruan tersebut "tidak akan mengganggu" kinerjanya sebagai gubernur.

(isa/isa)