Pemberontak Serang Desa di Afrika Tengah, 6 Warga Tewas

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 03:49 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Bangui -

Pemberontak dari elemen 3R melancarkan serangan ke sebuah desa di Afrika Tengah. Akibat serangan tersebut sebanyak 6 warga sipil tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

"Pagi ini saat fajar elemen dari 3R (Kembali, Reklamasi, Rehabilitasi) melancarkan serangan besar-besaran terhadap posisi tentara Afrika di desa Mann," kata juru bicara misi MINUSCA PBB, seperti dilansir AFP, Minggu (1/8/2021).

"Enam warga sipil tewas dan beberapa terluka," tambahnya.

Desa tersebut disebut hanya berjarak sekitar 550 kilometer (340 mil) dari ibu kota Bangui. Pihak otoritas Afrika mengatakan saat ini situasi sudah mulai terkendali dan patroli terus digencarkan pasca serangan tersebut.

"Situasi terkendali dan patroli sedang berlangsung," kata Letnan Kolonel Abdoulaziz Fall.

Berdasarkan informasi, 3R merupakan sebuah kelompok pemberontak yang terdiri dari anggota dari kelompok etnis Funali. 3R merupakan salah satu dari beberapa kelompok pemberontak yang berkembang di negara yang dilanda kekerasan itu.

Republik Afrika Tengah diketahui sebagai negara terbelakang kedua di dunia menurut PBB dan masih menderita akibat konflik sipil brutal yang meletus sejak 2013. Negara ini telah dirusak oleh kudeta dan puluhan tahun pemerintahan yang salah oleh para diktator sejak kemerdekaannya tahun 1960 dari Prancis.

(maa/maa)