11 Kasus Corona Terdeteksi di Parlemen Malaysia Saat Sidang Istimewa

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 17:22 WIB
Malaysias members of parliament attend a session of the lower house of parliament in Kuala Lumpur, Malaysia, Monday, July 13, 2020. (AP Photo/Vincent Thian)
Ilustrasi -- Parlemen Malaysia (dok. AP Photo/Vincent Thian)

Berdasarkan penaksiran risiko dan pencatatan riwayat pergerakan dari dua kasus itu, Dr Noor Hisham menyatakan ada kekhawatiran mereka berada di beberapa lokasi di kompleks gedung parlemen saat sidang istimewa digelar. Sidang istimewa parlemen Malaysia ini digelar selama lima hari, sejak 26 Juli dan akan berakhir pada 2 Agustus mendatang.

Menyusul dua kasus positif Corona itu, Dr Noor Hisham menuturkan bahwa sebanyak 1.183 orang lainnya menjalani tes Corona dengan alat tes di parlemen sepanjang Kamis (29/7) waktu setempat.

Dia menuturkan bahwa dua dari 10 kasus positif Corona lainnya yang terdeteksi dengan alat tes, mengalami gejala ringan dan kondisinya stabil. Delapan kasus positif Corona lainnya merupakan kasus tanpa gejala atau asymptomatic.

Usai terdeteksinya belasan kasus Corona di parlemen ini, tim kesehatan setempat akan melakukan penyelidikan, penaksiran risiko, pelacakan kontak dan melakukan langkah-langkah pencegahan serta pengendalian lainnya, termasuk pembersihan dan penyemprotan disinfektan di gedung parlemen.

Dr Noor Hisham juga mengimbau bagi siapa saja yang menghadiri sidang istimewa parlemen pekan depan untuk menjalani tes Corona terlebih dulu. "Mereka dengan gejala-gejala seharusnya memeriksakan diri dan tidak hadir di parlemen," cetusnya.


(nvc/ita)