Corona Mengganas Lagi, India Catat 44 Ribu Kasus Sehari

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 14:56 WIB
Virus Corona Varian Delta Melonjak di RI, Ini Fakta-faktanya
Foto: Getty Images/loops7
Jakarta -

Kasus infeksi virus Corona terus meningkat di India. Otoritas India melaporkan 44.230 kasus baru COVID-19 pada hari Jumat (30/7), angka harian terbesar dalam tiga minggu terakhir.

India telah dihantam oleh varian Delta virus Corona pada bulan April dan Mei lalu, tetapi tingkat penyebaran infeksi kemudian mereda. Namun kasus infeksi kembali meningkat, dengan angka yang lebih tinggi dalam tujuh dari delapan hari terakhir.

Seperti diberitakan kantor berita Reuters, Jumat (30/7/2021), menurut data Kementerian Kesehatan India, sejauh ini total jumlah kasus infeksi Corona nasional telah mencapai 31,57 juta kasus. Pada Jumat (30/7), tercatat 555 kematian dalam sehari, sehingga menjadikan jumlah kematian keseluruhan menjadi 423.217.

Pakar medis yang disurvei oleh Reuters pada akhir Juni lalu, mengatakan gelombang ketiga infeksi virus Corona kemungkinan akan melanda India pada Oktober mendatang, meskipun itu akan lebih terkontrol daripada wabah April-Mei yang parah.

Pakar kesehatan telah menyerukan vaksinasi yang lebih cepat untuk mencegah lonjakan besar lainnya.

Pemerintah India memperkirakan bahwa 67,6% dari 1,35 miliar penduduk sudah memiliki antibodi terhadap virus Corona, dengan hampir 38% dari populasi orang dewasa sekitar 944 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Negara bagian Kerala mengumumkan lockdown baru pada hari Kamis (29/7) waktu setempat, sementara pembatasan pergerakan diberlakukan di beberapa negara bagian timur laut India yang juga melaporkan peningkatan tingkat infeksi.

Tempat-tempat lain, termasuk ibu kota New Delhi, baru-baru ini membuka kembali sebagian besar kegiatan ekonomi.

Simak juga video 'Keterkaitan COVID-19 dengan Ledakan Kasus 'Jamur Hitam' di India':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)