11 Kasus Corona Terdeteksi di Parlemen Malaysia Saat Sidang Istimewa

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 17:22 WIB
Malaysias members of parliament attend a session of the lower house of parliament in Kuala Lumpur, Malaysia, Monday, July 13, 2020. (AP Photo/Vincent Thian)
Ilustrasi -- Parlemen Malaysia (dok. AP Photo/Vincent Thian)
Kuala Lumpur -

Sedikitnya 11 kasus positif virus Corona (COVID-19) terdeteksi dalam parlemen Malaysia, terutama saat digelar sidang istimewa Dewan Rakyat atau Majelis Rendah parlemen selama lima hari pada pekan ini.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir Channel News Asia, Jumat (30/7/2021), Direktur Jenderal Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, dalam pernyataan terbaru mengungkapkan bahwa 10 kasus Corona di antaranya terdeteksi menggunakan alat tes antigen saliva.

Satu kasus lainnya terdeteksi melalui tes PCR.

Lebih lanjut, Dr Noor Hisham menuturkan bahwa Kementerian Kesehatan telah diberitahu soal dua kasus positif Corona di parlemen pada Kamis (29/7) waktu setempat, dengan kasus pertama melibatkan seorang anggota staf parlemen yang hadir dalam sesi tanggal 26-28 Juli. Anggota staf itu berinisiatif melakukan tes PCR sendiri di salah satu fasilitas kesehatan setelah mengalami gejala batuk dan flu.

Kasus kedua terdeteksi menggunakan alat tes mandiri (self-test) di parlemen pada Kamis (29/7) pagi waktu setempat, setelah individu yang bersangkutan khawatir karena menderita batuk-batuk.

"Penyelidikan mendapati bahwa dua kasus ini tidak ada kaitannya dengan setiap kasus positif lainnya yang terdeteksi saat pemeriksaan personel parlemen yang dilakukan tiga hari sebelum sidang istimewa parlemen dimulai," sebut Dr Noor Hisham dalam penjelasannya.

Dia menambahkan bahwa dua kasus ini dinyatakan negatif sebelum menjalankan tugas-tugas parlemen mereka.