Corona Mengganas, Thailand Sulap Gudang Kargo Bandara Jadi RS

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 09:40 WIB
Otoritas Thailand memulangkan sejumlah pasien positif virus Corona (COVID-19) dari ibu kota Bangkok ke kampung halaman mereka dengan menggunakan Kereta Api.
Ilustrasi (dok. Getty Images)
Bangkok -

Para relawan di Thailand mengubah sebuah gudang kargo di Bandara Don Mueang, Bangkok, menjadi sebuah rumah sakit (RS) darurat berisi 1.800 tempat tidur untuk para pasien virus Corona (COVID-19) dengan gejala tidak terlalu parah. Hal ini dilakukan saat Thailand menghadapi lonjakan kasus Corona.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (29/7/2021), negara ini melaporkan 16.533 tambahan kasus harian dan 133 kematian dalam sehari pada Rabu (28/7) waktu setempat. Dengan lonjakan itu, total 543.361 kasus Corona kini tercatat di Thailand, dengan 4.397 kematian.

Para pekerja mengebor dinding untuk instalasi toilet dan menyiapkan tempat tidur beserta selimutnya.

"Ini merupakan rumah sakit lapangan 1+ yang bisa menerima sejumlah besar pasien, yang memiliki gejala-gejala tidak terlalu parah," ucap Direktur Rumah Sakit Mongkutwattana, Rienthong Nanna, kepada Reuters.

"Tapi jika kondisi pasien memburuk, mereka akan dipindahkan ke rumah sakit lapangan lainnya bernama Rumah Sakit Lapangan Pitak Rachan," imbuhnya.

Rienthong, seorang pensiunan mayor jenderal dan pemimpin ultra-royalist, menyatakan rumah sakit lapangan itu belum beroperasi penuh karena perlu lebih banyak persiapan.

Dia menyebut bahwa jumlah kasus Corona di Thailand akan terus naik dan lebih banyak rumah sakit lapangan yang dibutuhkan.

Lihat Video: Proses Pemindahan 100 Pasien Positif Covid-19 di Bangkok

[Gambas:Video 20detik]