Kasus Corona Turun 7 Hari Berturut-turut, PM Inggris Minta Warganya Hati-hati

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 02:15 WIB
(FILES) In this file photo taken on July 23, 2019 new Conservative Party leader and incoming prime minister Boris Johnson arrives at the Conservative party headquarters in central London. - On July 23, 2019, party members choose Brexit figurehead Boris Johnson as their new leader. He becomes prime minister the next day. (Photo by Niklas HALLEN / AFP)
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (Foto: AFP/NIKLAS HALLE'N)
London -

Kasus Corona (COVID-19) di Inggris turun 7 hari berturut-turut. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyerukan warga tetap berhati-hati.

"Saya telah memperhatikan bahwa jelas kami memiliki enam hari dari beberapa angka (kasus Corona) yang lebih baik tetapi sangat, sangat penting bahwa kami tidak membiarkan diri kami terbuai dengan kesimpulan prematur tentang ini," kata Johnson dilansir dari AFP, Rabu (28/7/2021).

"Orang-orang harus tetap sangat berhati-hati," tambahnya.

Diketahui, Inggris mencatat 23.511 kasus baru pada Selasa (27/7) dibandingkan dengan 46.558 kasus baru seminggu sebelumnya. Penurunan ini terbilang cukup signifikan yakni sekitar 50 persen.

Penurunan kasus Corona ini mengejutkan sejumlah pejabat dan pakar. Pasalnya penurunan kasus berdekatan dengan kebijakan penghapusan aturan warga memakai masker dan jaga jarak di ruang publik.

Sejumlah ilmuwan justru memprediksi akan terjadi lonjakan sekitar 100 ribu per hari setelah pemerintah melonggarkan kebijakan, yang ternyata sampai saat ini belum terbukti.

Data resmi pemerintah Inggris menunjukkan ada 131 kasus kematian pada Selasa (27/7). Jika ditotalkan, jumlah kematian di Inggris sejak awal pandemi hingga saat ini mencapai 129.303 kasus.

(isa/isa)