Ledakan Besar Guncang Kawasan Industri Kimia di Jerman

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 17:30 WIB
Pabrik plastik di Jalan Raya Tandes 208, Margomulyo, Surabaya, terbakar, Rabu (31/3). Asap hitam dan pekat membubung tinggi dari pabrik yang terbakar.
ilustrasi (Foto: Deny Prastyo)
Jakarta -

Ledakan besar mengguncang kawasan industri kimia di kota Leverkusen, Jerman. Kepulan asap hitam terlihat membubung ke udara.

Para pejabat menyerukan penduduk untuk berlindung di dalam rumah dan menutup jendela rumah mereka.

Ledakan terjadi di bagian di mana limbah dibakar di Chempark Currenta, sebuah kawasan industri untuk perusahaan-perusahaan kimia. Belum jelas apa yang menyebabkan ledakan tersebut.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Selasa (27/7/2021), ledakan tersebut memicu peringatan "bahaya ekstrem" pada aplikasi peringatan NINA Jerman, mendesak penduduk untuk menutup semua pintu dan jendela.

Polisi di kota terdekat Cologne menyatakan telah menutup beberapa jalan raya di daerah Leverkusen karena "kerusakan besar".

Belum ada laporan mengenai korban luka.

Warga mengatakan ledakan itu bisa terdengar hingga jauh, dengan beberapa warga mengatakan jendela rumah mereka terguncang akibat kuatnya ledakan.

Banyak yang membagikan gambar di media sosial tentang asap yang mengepul dari lokasi ledakan di distrik Buerrig Leverkusen, yang menampung beberapa perusahaan terkenal termasuk Bayer, Evonik Industries, dan Lanxess.

Media lokal melaporkan bahwa ledakan itu tampaknya berasal dari pabrik pembakaran limbah berbahaya di lokasi tersebut.

"Untuk alasan yang masih belum diketahui, ada ledakan di Chempark Leverkusen," kata perusahaan Chempark di akun Twitter-nya, menambahkan bahwa petugas pemadam kebakaran telah berada di lokasi.

"Warga diminta untuk pindah ke ruang tertutup dan menutup pintu dan jendela," imbuhnya.

(ita/ita)