Putin Ancam Musuh: Rusia Bisa Lancarkan Serangan Jika Perlu!

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 13:21 WIB
Russian President Vladimir Putin listens during a meeting in the Kremlin, in Moscow, Russia, Thursday, Nov. 19, 2020. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Vladimir Putin (dok. Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan bahwa Angkatan Laut Rusia bisa mendeteksi setiap musuh dan melancarkan 'serangan yang tidak bisa dicegah' jika memang diperlukan. Hal itu disampaikan Putin beberapa pekan setelah kapal perang Inggris memicu kemarahan Rusia dengan melintasi Semenanjung Crimea.

"Kami mampu mendeteksi setiap musuh di bawah air, di permukaan air, di udara dan jika diperlukan, melancarkan sebuah serangan yang tidak bisa dicegah terhadapnya," tegas Putin saat berbicara dalam parade hari Angkatan Laut di St Petersburg, seperti dilansir Reuters, Senin (26/7/2021).

Pernyataan Putin itu disampaikan setelah terjadi insiden di Laut Hitam pada Juni lalu, ketika Rusia mengklaim pihaknya melepas tembakan peringatan dan menjatuhkan sejumlah bom di jalur pelayaran kapal perang Inggris untuk mengusirnya keluar dari perairan Crimea.

Inggris membantah klaim Rusia dan menyatakan bahwa tembakan yang dilepaskan merupakan 'latihan meriam' Rusia, serta menegaskan tidak ada bom yang dijatuhkan.

Rusia mencaplok Crimea dari Ukraina tahun 2014 lalu. Namun kebanyakan negara, termasuk Inggris, masih mengakui semenanjung Laut Hitam sebagai bagian dari wilayah Ukraina, bukan Rusia.

Bulan lalu, Putin menyatakan Rusia bisa saja menenggelamkan kapal perang Inggris, HMS Defender, yang dituduh masuk secara ilegal ke wilayah perairannya, tanpa memulai Perang Dunia III.

Putin juga menuduh Amerika Serikat (AS) memainkan peran dalam 'provokasi' tersebut.

Lihat juga video ' Kendaraan Militer Tabrak Minivan di Rusia, 2 Orang Tewas ':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)