Bandit di Nigeria Bebaskan 28 Siswa yang Sempat Diculiknya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 04:23 WIB
Belongings of the abducted students are pictured at the deserted dormitory of the Government Girls Secondary School, the day after the abduction of over 300 schoolgirls by gunmen in Jangebe, a village in Zamfara State, northwest of Nigeria on February 27, 2021. - More than 300 schoolgirls were snatched from dormitories by gunmen in the middle of the night in northwestern Zamfara state on February 26, in the third known mass kidnapping of students since December. (Photo by Kola Sulaimon / AFP)
Ilustrasi kondisi asrama sekolah di Nigeria setelah penculikan (Foto: AFP/KOLA SULAIMON)
Kano -

Kelompok bandit bersenjata di Nigeria menangkap 121 siswa dari sebuah sekolah menengah di barat laut Nigeria pada awal Juli lalu. Sebanyak 28 siswa di antaranya kini telah dibebaskan kembali oleh bandit tersebut.

Dilansir AFP, Senin (26/7/2021), seorang pejabat sekolah di Nigeria mengatakan awal mula penyerangan bandit ke sekolah terjadi pada 5 Juli lali. Saat ini, 28 siswa yang dibebaskan telah dipersatukan kembali dengan orang tua mereka setelah dibebaskan pada Sabtu (24/7).

"Kami dapat mengirim bus gereja untuk pergi ke tempat para penculik menurunkan mereka untuk menjemput mereka," kata Joseph Hayab, pejabat Sekolah Menengah Baptis Bethel.

Secara keseluruhan, sudah ada 34 anak yang diculik sekarang telah bebas. Di antatanya, 5 melarikan diri lebih awal dan 1 dibebaskan dengan alasan kesehatan.

Hayab menyebut sejumlah uang telah dibayarkan kepada geng 'bandut' itu. Tapi dia menolak menyebutkan nominal jumlah uangnya.

"Yang paling penting sekarang adalah membebaskan semua anak yang tersisa," ucapnya.

Orang tua dari para siswa yang dibebaskan bereaksi dengan gembira.

"Saya sangat senang dengan apa yang telah Tuhan lakukan bagi kami, ini adalah hari kami," kata ibunda Jumai Francis.

"Sukacita, saya kewalahan," kata ayah Zambo Egeje, tetapi masih memiliki beberapa kritik untuk pihak berwenang.

"Secara fisik, kami tidak melihat pemerintah secara resmi menghibur kami," katanya.

Simak video '121 Siswa Diculik Kelompok Bersenjata di Nigeria':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)