Ratusan Siswa Nigeria yang Diculik Boko Haram Telah Dibebaskan

BBC Indonesia - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 09:37 WIB
Polisi berpatroli di lokasi penculikan di Nigeria. (Reuters)
Jakarta -

Ratusan siswa laki-laki yang pekan lalu diculik dari sekolah asrama di Nigeria barat telah dilepaskan, kata otoritas setempat kepada BBC.

Juru bicara gubernur Negara Bagian Katsina mengatakan 344 anak telah dibebaskan, dan semuanya dalam kondisi baik.

Namun, sejumlah laporan lain mengatakan sebagian anak masih berada di tangan para penculik.

Serangan tersebut diklaim oleh kelompok militan Islamis Boko Haram, yang beberapa jam sebelumnya merilis video yang tampak menunjukkan sebagian anak-anak itu.

Dalam sebuah pernyataan, sang juru bicara, Abdul Labaran, berkata para siswa laki-laki sedang dibawa ke ibu kota negara bagian Katsina City, dan akan segera dipersatukan dengan keluarga mereka.

Ia berkata klip yang dirilis oleh Boko Haram adalah asli, tapi pesan yang tampaknya disampaikan oleh pemimpin kelompok Abubakar Shekau sebenarnya disampaikan oleh seorang peniru.

Pihak berwenang sebelumnya menyebut jumlah anak yang diculik lebih sedikit dari yang dirilis pemerintah setempat dan saat ini belum jelas bahwa semuanya dalam keadaan aman.

Gubernur Katsina, Aminu Bello Masari, dikutip oleh kantor berita Reuters mengatakan, "kami telah mendapatkan kembali sebagian besar anak-anak. Belum semuanya."

Sedangkan sebuah sumber di sektor keamanan berkata kepada kantor berita AFP bahwa sebagian anak masih di tangan penculik.

Labaran mengatakan tidak satu pun dari anak yang diculik telah dibunuh, bertentangan dengan seorang anak dalam video yang beredar yang mengatakan bahwa beberapa anak telah tewas oleh jet tempur Nigeria.

Tidak jelas bagaimana pelepasan anak-anak itu terjadi namun kabar tersebut dikonfirmasi kepada BBC Hausa oleh seorang pejabat negara bagian lain.

Apa yang terjadi dalam serangan?

Saksi mata mengatakan orang-orang bersenjata datang ke sekolah di kota Kankara itu pada Jumat (11/12) sore pekan lalu, dan banyak siswa yang melompati pagar sekolah dan melarikan diri ketika mereka mendengar suara tembakan.

Siswa lainnya berhasil diikuti oleh orang bersenjata, yang menipu mereka dengan mengaku sebagai petugas keamanan, kata siswa yang berhasil melarikan diri. Setelah para siswa dikumpulkan, mereka digiring ke hutan terdekat.

Sandal ditinggalkan di atas tanah

Para siswa meninggalkan sandal mereka dalam kepanikan menyusul serangan di sekolah mereka. (Reuters)

Pada Kamis (17/12), sebuah video dirilis dengan logo Boko Haram, menunjukkan puluhan anak laki-laki, sebagian dari mereka kelihatan sangat muda.

Salah seorang anak berkata mereka diculik oleh geng pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, dan semua pasukan pemerintah yang telah dikirim untuk membantu mereka harus ditarik kembali.

Siapa Boko Haram?

Boko Haram menjadi terkenal dalam satu dekade terakhir karena tindakannya menculik murid-murid sekolah, termasuk satu penculikan di Chibok pada 2014, ketika hampir 300 siswa perempuan dibawa. Nama kelompok itu secara kasar diartikan sebagai "pendidikan Barat dilarang".

Namun, penculikan-penculikan ini sebelumnya selalu terjadi di Nigeria timur, lokasi markas Boko Haram.

Terlepas dari klaim Boko Haram, pemerintah Nigeria mengatakan penculikan di Katsina dilakukan oleh kelompok lokal yang punya kaitan dengan kelompok Islamis tersebut.

Serangan bersenjata dan penculikan kerap terjadi di Nigeria barat dan sering disalahkan pada bandit, istilah longgar untuk menyebut geng-geng yang beropasi di wilayah tersebut.

Amnesty International berkata lebih dari 1.100 orang dibunuh oleh bandit dalam enam bulan pertama tahun ini, dan pemerintah gagal membawa para penyerang ke pengadilan.

Map

(ita/ita)