Gempa M 6,7 Guncang Luzon Filipina, Belum Ada Laporan Kerusakan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 05:21 WIB
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa (Foto: Ilustrasi/AFP)
Filipina -

Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 6,7 mengguncang Pulau Luzon, Filipina. Pihak berwenang setempat mengatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa itu.

Dilansir dari AFP, Sabtu (24/7/2021), gempa berkekuatan 6,7 melanda pulau utama Luzon pada pukul 4:48 (2048 GMT) pada kedalaman 112 kilometer (70 mil), kata USGS.

Gempa susulan juga terjadi beberapa menit kemudian dengan gempa berkekuatan 5,8 di wilayah yang sama.

"Ini sangat kuat, kami khawatir," kata polisi Mayor Ronnie Aurellano di kotamadya Calatagan, provinsi Batangas, yang terletak di selatan Manila dan dekat pusat gempa.

Ronnie mengatakan kondisi sedang hujan deras ketika gempa terjadi. Menurutnya, masyarakat tidak terlalu panik akan gempa itu, karena sudah terbiasa dengan adanya gempa di wilayah tersebut.

"Hujannya juga sangat deras di sini, tetapi orang-orang kami di sini sudah terbiasa dengan gempa. Mereka sadar akan merunduk, menahan, dan melindungi ketika ada gempa," ujarnya.

"Kami sedang memeriksa daerah dataran rendah jika ada tsunami," tambahnya.

Sementara, Badan Seismologi Filipina mengatakan belum ada laporan adanya kerusakan akibat gempa.

"Gempanya tidak sekuat gempa sebelumnya di sini -- tidak ada kerusakan yang dilaporkan kepada kami," kata Kopral Polisi Bernie Faderogao di dekat Mabini.

"Pintu geser kami hanya sedikit terguncang tetapi tidak pecah," imbuhnya.

Kepulauan ini memang kerap diguncang gempa karena lokasinya di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

(eva/eva)