Pertama dalam 3 Dekade, Presiden China Berkunjung ke Tibet

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 14:16 WIB
In this photo released by Chinas Xinhua News Agency, Chinese President Xi Jinping speaks during an event to commemorate the 40th anniversary of the establishment of the Shenzhen Special Economic Zone in Shenzhen in southern Chinas Guangdong Province, Wednesday, Oct. 14, 2020. President Xi Jinping promised Wednesday new steps to back development of Chinas biggest tech center, Shenzhen, amid a feud with Washington that has disrupted access to U.S. technology and is fueling ambitions to create Chinese providers. (Zhang Ling/Xinhua via AP)
Presiden China Xi Jinping (Foto: Zhang Ling/Xinhua via AP)
Jakarta -

Presiden China Xi Jinping melakukan perjalanan langka ke wilayah Tibet yang sensitif secara politik di China. Ini merupakan kunjungan pertama seorang presiden China ke Tibet dalam waktu lebih dari tiga dekade.

Diketahui bahwa banyak orang Tibet di pengasingan menuduh pemerintah pusat China melakukan penindasan agama dan mengikis budaya mereka. Pada tahun 2008, wilayah tersebut meledak dalam kerusuhan mematikan setelah meningkatnya kemarahan atas penurunan yang dirasakan dari budaya kunonya akibat perkembangan pesat yang dipicu oleh China.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (23/7/2021), dalam rekaman yang dirilis hari ini oleh media pemerintah China, CCTV, Xi terlihat menyapa kerumunan orang yang mengenakan kostum etnis dan mengibarkan bendera China saat dia turun dari pesawatnya, dalam sambutan karpet merah saat para penari tampil di sekelilingnya.

Meskipun Xi tiba pada hari Rabu (21/7) di Bandara Nyingchi Mainling di tenggara Tibet, berita tentang kunjungannya baru muncul di media resmi China dua hari kemudian.

CCTV melaporkan, setelah "sambutan hangat oleh kader dan massa dari semua kelompok etnis", Xi pergi ke Jembatan Sungai Nyang untuk mempelajari tentang perlindungan ekologi dan lingkungan Sungai Yarlung Tsangpo dan Sungai Nyang.

Xi telah mengunjungi Tibet dua kali, sekali pada tahun 1998 sebagai ketua partai provinsi Fujian dan sekali lagi pada tahun 2011 sebagai wakil presiden.

Presiden China terakhir yang berkunjung ke Tibet adalah Jiang Zemin pada tahun 1990.

Dalam lawatannya, Xi juga mengunjungi Museum Perencanaan Kota Nyingchi dan daerah-daerah lain untuk melihat perencanaan pembangunan kota, revitalisasi pedesaan dan pembangunan taman kota.

Lihat juga video 'Klaim Xi Jinping, China Sukses Atasi Kemiskinan Ekstrem':

[Gambas:Video 20detik]