Terjebak Terowongan Terendam Banjir di China, 14 Pekerja Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 17:21 WIB
Rescuers build embankments to pump out water from a flooded tunnel in Zhuhai city in south Chinas Guangdong province Friday, July 16, 2021. Divers have been dispatched in the search for 14 workers missing since water flooded a tunnel under construction in southern China three days ago, authorities said Sunday, July 18, 2021. (Chinatopix via AP)
Petugas menyedot air yang membanjiri terowongan di Zhuhai, China (Chinatopix via AP)
Beijing -

Sedikitnya 14 pekerja yang terjebak di dalam sebuah terowongan yang sedang dibangun di kota Zhuhai, China, yang terendam banjir pekan lalu, dipastikan tewas. Jenazah para pekerja itu telah ditemukan setelah upaya penyelamatan besar-besaran dilakukan sepekan terakhir.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (22/7/2021), pernyataan singkat dari pemerintah kota Zhuhai tidak menjelaskan soal penyebab insiden pada 15 Juli lalu, maupun penyebab kematian para pekerja tersebut.

Diketahui bahwa terowongan Shijingshan itu merupakan bagian dari jalan tol yang sedang dibangun yang melewati sebuah waduk di kota Zhuhai, Provinsi Guangdong, yang dekat dengan Hong Kong dan Macau.

Upaya penyelamatan dilakukan otoritas setempat, dengan melibatkan tim penyelam, kapal selam kecil yang dikendalikan dari jarak jauh dan perlengkapan berteknologi tinggi lainnya. Para pekerja menggunakan alat penyedot untuk memompa genangan air yang membanjiri bagian dalam terowongan.

Upaya itu sempat terhambat oleh asap karbon monoksida dari mesin-mesin yang digunakan di dalam terowongan sebagai bagian dari operasi penyelamatan.

Sementara penyebabnya masih belum jelas, sejumlah laporan menyebut suara tidak wajar sempat terdengar dan puing material mulai berjatuhan pada salah satu sisi dari terowongan dua arah ini. Evakuasi langsung diperintahkan ketika air mulai mengalir masuk ke dalam terowongan, namun 14 pekerja yang tewas gagal menyelamatkan diri tepat waktu.

Proyek konstruksi itu tampaknya menghadapi sejumlah masalah keamanan untuk beberapa waktu. Pada Maret lalu, dua pekerja tewas di bagian lain terowongan.

Simak video 'Banjir Hebat di China Telan 25 Korban Jiwa':

[Gambas:Video 20detik]