Korban Jiwa Akibat Banjir Parah di China Bertambah Jadi 33 Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 13:03 WIB
In this photo released by Xinhua News Agency, residents move their belongings across a flooded street in Zhengzhou in central Chinas Henan province on Wednesday, July 21, 2021. Chinas military has blasted a dam to release floodwaters threatening one of its most heavily populated provinces, as the death toll in widespread flooding rose to more than two dozens. (Zhu Xiang/Xinhua via AP)
Warga kota Zhengzhou memindahkan barang-barang mereka di tengah banjir (Zhu Xiang/Xinhua via AP)
Beijing -

Korban tewas akibat banjir parah yang dipicu oleh cuaca ekstrem di China bertambah menjadi 33 orang. Tumpukan mobil berserakan di berbagai area kota Zhengzhou yang terdampak banjir paling parah.

Seperti dilansir AFP, Kamis (22/7/2021), hujan deras yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan curah hujan setara selama setahun, mengguyur hanya dalam waktu tiga jam di kota Zhengzhou.

Saluran air meluap hingga memicu aliran banjir yang diwarnai lumpur ke jalanan, terowongan bahkan sistem kereta bawah tanah.

Ratusan ribu orang terdampak banjir bersejarah ini, yang juga menggenangi lahan-lahan pertanian warga dan memutus akses ruas jalanan serta jalur kereta api.

Situasi mengerikan terjadi di sistem kereta bawah tanah kota Zhengzhou di mana ketinggian air naik dengan cepat pada jam-jam sibuk Selasa (20/7) waktu setempat, dari setinggi pergelangan kaki hingga mencapai setinggi leher orang dewasa.

Belasan orang dilaporkan tewas sebelum para petugas penyelamat berhasil membebaskan mereka dari dalam gerbong yang terendam banjir.

Saat banjir mulai surut, timbunan mobil mulai tampak di beberapa area. Warga setempat bersiap untuk menghadapi cuaca buruk lanjutan, dengan memindahkan kendaraan-kendaraan ke dataran yang lebih tinggi dan beberapa memilih untuk mengungsi ke kota lainnya.

Simak video 'Banjir Hebat di China Telan 25 Korban Jiwa':

[Gambas:Video 20detik]