Suriah Klaim Sukses Cegat Serangan Rudal Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 11:26 WIB
Damaskus -

Sistem pertahanan udara Suriah diklaim berhasil mencegat serangan rudal Israel di atas wilayah ibu kota Damaskus, pekan ini. Rudal-rudal Israel itu disebutkan menargetkan posisi militer Suriah, namun ada yang menyebutnya menargetkan milisi yang didukung Iran di wilayah Suriah.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Rabu (9/6/2021), laporan kantor berita Suriah, SANA, menyebut pesawat-pesawat Israel yang melancarkan serangan udara itu datang dari wilayah udara Lebanon. Disebutkan juga bahwa sempat terjadi 'sejumlah ledakan di Damaskus'.

"Pertahanan udara Suriah mencegat agresi Israel yang datang dari wilayah udara Lebanon," demikian dilaporkan media nasional Suriah pada Selasa (8/6) waktu setempat.

Sumber militer Suriah yang dikutip media nasional negara itu, menyebut serangan udara Israel menargetkan sebagian wilayah pusat dan selatan, tanpa menjelaskan lebih lanjut lokasinya. Disebutkan sumber itu bahwa serangan itu hanya memicu kerusakan material.

Beberapa media setempat menyebut serangan udara itu mengenai wilayah Provinsi Homs, yang berbatasan dengan Lebanon.

Secara terpisah, laporan kelompok pemantau Syrian Observatory for Human Rights menyebut 'ledakan hebat terasa di Damaskus dan sekitarnya, menyusul serangan Israel terhadap posisi militer' dari tentara Suriah.

Disebutkan Syrian Observatory bahwa serangan udara itu menargetkan area di dekat 'bandara internasional Damaskus, juga batalion Angkatan Udara Suriah di wilayah Dumayr'. Diketahui bahwa Dumayr berjarak 50 kilometer dari Damaskus.

Selanjutnya
Halaman
1 2