International Updates

India Kirim Bantuan Oksigen ke RI, Rusia Pamerkan Jet Siluman Pesaing F-35

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 18:41 WIB
Pasokan oksigen untuk kebutuhan medis sempat mengalami kelangkaan. Pemerintah meminta pasokan oksigen industri dikonversi untuk memenuhi kebutuhan medis.
Ilustrasi tabung oksigen (dok. detikcom/Agung Pambudhy)
Jakarta -

Otoritas India mengirimkan bantuan pasokan oksigen untuk Indonesia yang berjuang menghadapi penyebaran kasus virus Corona (COVID-19) varian Delta. Otoritas Rusia memamerkan jet tempur siluman terbaru yang dirancang untuk menjadi pesaing jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS).

Pasokan oksigen dari India ini tengah dikirimkan menggunakan kapal milik Angkatan Laut India pada pekan ini dan kini tengah dalam perjalanan ke Indonesia.

Rusia mengklaim jet tempur siluman terbaru buatannya bisa menyerang hingga enam target secara bersamaan, baik di darat, udara maupun laut. Jet siluman ini disebut menggabungkan 'solusi inovatif' termasuk kecerdasan buatan (AI) di dalamnya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (21/7/2021):

- Giliran India Kirimkan Bantuan Pasokan Oksigen ke Indonesia

Otoritas India mengirimkan bantuan pasokan oksigen untuk Indonesia yang tengah berjuang menghadapi penyebaran virus Corona (COVID-19). Bantuan ini dikirimkan setelah sebelumnya Indonesia mengirimkan bantuan oksigen saat India menghadapi lonjakan drastis kasus Corona pada Mei lalu.

Seperti dilansir India Times, Rabu (21/7/2021), Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar, menuturkan bahwa India mengirimkan 300 oksigen konsentrator dan 100 metrik ton pasokan oksigen medis cair. Bantuan itu dikirimkan menggunakan kapal milik Angkatan Laut India pekan ini.

Pada Senin (19/7) waktu setempat, Jaishankar menyatakan bahwa kapal Angkatan Laut India (INS) Airawat yang membawa bantuan pasokan medis itu sedang dalam pelayaran menuju pelabuhan Tanjung Priok di Indonesia.

- Data Survei Tunjukkan Dua Pertiga Populasi India Punya Antibodi Corona

Data survei terbaru menunjukkan bahwa dua pertiga populasi India telah memiliki antibodi terhadap virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/7/2021), data yang dirilis Selasa (20/7) waktu setempat itu didasarkan pada survei terhadap 29.000 orang di berbagai wilayah India pada Juni dan Juli. Survei serum darah nasional yang keempat ini memeriksa antibodi dan dikenal sebagai 'sero survey'.

Survei ini menunjukkan 67,6 persen warga dewasa di India seropositif atau memiliki antibodi Corona, padahal lebih dari 62 persen warga dewasa di negara itu belum divaksin Corona. Hingga Juli ini, baru sekitar 8 persen warga India yang telah menerima dua dosis vaksin Corona.

Lihat juga video 'RI Dapat Bantuan Ratusan Tabung Oksigen dari Arab-Singapura':

[Gambas:Video 20detik]