Giliran India Kirimkan Bantuan Pasokan Oksigen ke Indonesia

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 09:01 WIB
bendera India
Ilustrasi
New Delhi -

Otoritas India mengirimkan bantuan pasokan oksigen untuk Indonesia yang tengah berjuang menghadapi penyebaran virus Corona (COVID-19). Bantuan ini dikirimkan setelah sebelumnya Indonesia mengirimkan bantuan oksigen saat India menghadapi lonjakan drastis kasus Corona pada Mei lalu.

Seperti dilansir India Times, Rabu (21/7/2021), Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar, menuturkan bahwa India mengirimkan 300 oksigen konsentrator dan 100 metrik ton pasokan oksigen medis cair. Bantuan itu dikirimkan menggunakan kapal milik Angkatan Laut India pekan ini.

Pada Senin (19/7) waktu setempat, Jaishankar menyatakan bahwa kapal Angkatan Laut India (INS) Airawat yang membawa bantuan pasokan medis itu sedang dalam pelayaran menuju pelabuhan Tanjung Priok di Indonesia.

Namun Jaishankar menambahkan bahwa ada sedikit penundaan untuk jadwal kedatangan kapal tersebut.

"India berdiri bersama mitra-mitranya dalam perjuangan melawan COVID," tegasnya.

Diketahui bahwa pada Mei lalu, Indonesia mengirimkan 3.400 tabung oksigen dan oksigen konsentrator ke India, saat negara itu tengah menghadapi gelombang kedua Corona yang membuat sistem layanan kesehatan kolaps.

Beberapa waktu terakhir, Indonesia menghadapi lonjakan kasus Corona yang dipicu oleh penyebaran Corona varian Delta. Bahkan negara ini sempat melaporkan tambahan kasus harian tertinggi di dunia. Saat ini, total kasus Corona di Indonesia mencapai 2,9 juta kasus dengan lebih dari 76.000 kematian.

Pemerintah Indonesia diketahui tengah menjangkau China, Australia dan Singapura untuk meminta bantuan mengatasi krisis pasokan oksigen.

Simak Video: Mahfud Minta Masyarakat Tak Persoalkan Bantuan Oksigen RI ke India!

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/isa)