Rusia Pamerkan Jet Siluman Pesaing F-35, Bisa Serang 6 Target Sekaligus

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 12:54 WIB
Moskow -

Otoritas Rusia memamerkan jet tempur siluman Sukhoi terbarunya kepada publik pada pekan ini. Jet tempur ini sengaja dirancang untuk bersaing dengan jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir AFP, Rabu (21/7/2021), jet tempur siluman bernama 'The Checkmate' ini pertama ditunjukkan kepada Presiden Vladimir Putin yang dilaporkan merasa 'senang' sebelum peluncuran digelar dalam airshow dua tahunan di luar Moskow, pekan ini.

Sejumlah laporan menyebut jet tempur siluman itu dirakit mulai Mei tahun lalu. Menurut video yang ditayangkan di lokasi peluncuran, jet tempur itu disebut dikembangkan 'dalam waktu singkat'.

Hanya sedikit informasi detail yang diketahui soal jet tempur siluman yang dikembangkan oleh raksasa pertahanan dan teknologi, Rostec, bersama dengan United Aircraft Corporation yang dikuasai negara.

"Tugas kami adalah agar pesawat ini bisa ditawarkan secara massal kepada konsumen mulai tahun 2026," ucap Direktur Umum United Aircraft Corporation, Yury Slyusar, dalam pernyataannya.

Rostec menggambarkan jet tempur itu sebagai jet tempur mesin tunggal ringan generasi kelima yang menggabungkan 'solusi inovatif' termasuk kecerdasan buatan (AI) di dalamnya.

Diklaim oleh Rostec bahwa jet tempur siluman 'The Checkmate' ini bisa menyerang hingga enam target secara bersamaan, baik di darat, udara maupun laut. "Bahkan dalam kondisi adanya gangguan elektronik yang kuat," sebut Rostec.