Rusia Berhasil Uji Coba Rudal Hipersonik dari Kapal Perang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 15:07 WIB
A still image taken from a video footage and released by Russias Defence Ministry on December 26, 2018, shows a test launch of an Avangard new hypersonic missile in Orenburg Region. Ministry of Defence of the Russian Federation/Handout via REUTERS TV  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVES.
Ilustrasi -- Uji coba rudal hipersonik Rusia tahun 2018 lalu (dok. Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS)
Moskow -

Otoritas Rusia mengklaim telah berhasil menguji coba rudal jelajah hipersonik Tsirkon dari sebuah kapal perang miliknya. Rudal hipersonik itu diklaim sukses mengenai target di daratan setelah ditembakkan dari kapal perang Rusia yang ada di perairan Laut Putih.

Seperti dilaporkan Interfax dan dilansir Reuters, Senin (19/7/2021), rudal hipersonik itu ditembakkan dari sebuah kapal frigate Rusia yang bernama Admiral Gorshkov yang berlayar di perairan Laut Putih.

Interfax yang mengutip Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa rudal hipersonik Tsirkon berhasil mengenai target di daratan yang ada di lepas pantai Laut Barents, dengan jarak lebih dari 350 kilometer.

Laporan senada disampaikan kantor berita Rusia lainnya, TASS News Agency, yang juga melaporkan bahwa rudal hipersonik itu melaju dengan kecepatan 7 Mach.

"Menurut data pemantauan langsung, rudal Tsirkon sukses mengenai target secara langsung dalam jarak lebih dari 350 kilometer," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Selama uji coba, karakteristik taktis dan teknis telah terkonfirmasi. Kecepatan mengudaranya mencapai hampir 7 Mach," imbuh pernyataan itu.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, ada rencana untuk memperlengkapi kapal-kapal selam dan kapal-kapal permukaan milik Angkatan Laut Rusia dengan sistem rudal hipersonik Tsirkon.

Dalam pidato pada Maret 2018, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa rudal hipersonik menjadi bagian dari persenjataan generasi baru Rusia yang bisa mengenai hampir seluruh titik yang ada di dunia dan mampu menghindari perisai rudal buatan Amerika Serikat (AS).

Simak juga 'Pesawat Rusia Mendarat Darurat di Lapangan Gegara 2 Mesin Mati Bersamaan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)