Tertular Corona di Penjara, Orang Kepercayaan Aung San Suu Kyi Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 17:54 WIB

Nyan Win bertindak sebagai penyalur untuk Suu Kyi selama dia dipenjara, menyalurkan pesan-pesan Suu Kyi dari Myanmar yang saat itu terisolasi ke dunia luar dan para pendukungnya.

"Kita sangat bergantung padanya. Saya sangat sedih kehilangan dia," ucap pengacara Khin Maung Zaw, yang merupakan anggota tim penasihat hukum Suu Kyi, kepada AFP. "Tapi kita akan mengubah kesedihan kita menjadi kekuatan untuk bergerak maju," imbuhnya.

Belum ada komentar resmi dari Suu Kyi terkait kepergian orang kepercayaannya ini.

Myanmar berada dalam kekacauan sejak kudeta militer dan kini berjuang menghadapi lonjakan kasus Corona. Rumah-rumah sakit di negara itu menderita karena kekurangan perlengkapan medis, tempat tidur pasien, pasokan oksigen dan kekurangan dokter.

Penjara-penjara di Myanmar juga penuh, akibat penindakan tegas junta militer terhadap orang-orang yang dianggap membangkang, para aktivis dan politikus NLD. Situasi itu meningkatkan kekhawatiran atas wabah Corona di balik jeruji besi.

Juru bicara junta militer Myanmar, Zaw Min Tun, menyebut 375 orang yang dipenjara di berbagai wilayah telah dinyatakan positif Corona. Sekitar 200 orang di antaranya kini dirawat di rumah sakit, termasuk anggota senior NLD, Han Thar Myint, yang kini ada dalam perawatan intensif (ICU).


(nvc/jbr)